Mulai Hari Ini, Jalan Jakarta Satu Arah

MALANG KOTA – Ada perubahan jalur di Jalan Jakarta. Kalau selama ini Jalan Jakarta bisa untuk dua arah, mulai hari ini (10/1), jalan tersebut untuk satu arah saja. Yakni, sisi selatan untuk arah kendaraan dari Jalan Surabaya ke Jalan Ijen. Sisi utara untuk arah kendaraan dari Jalan Ijen ke Jalan Surabaya. Selama ini di jalan tersebut kerap terjadi penumpukan kendaraan karena dipakai untuk dua arah. Sementara jalan yang di sisi selatan tidak banyak difungsikan. Dengan kebijakan baru ini, jalan sisi selatan ”dihidupkan”.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Kusnadi menyampaikan, rambu lalu lintas sudah dipasang, dan pihaknya menyatakan sudah melakukan sosialisasi terlebih dahulu. ”Ini sudah siap. Kami pasang rambu dan sudah sosialisasi,” ujarnya.

Karena rekayasa lalu lintas tersebut sudah siap, pihaknya juga sudah meminta kepolisian untuk melakukan pengawasan. Karena jika ada yang melanggar, akan ditilang sesuai dengan pasal pelanggaran. ”Kami harap semua mematuhi aturan,” sambungnya.

Kusnadi menyebut penerapan skema satu arah itu sudah disepakati Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tentunya, rekayasa tersebut diharapkan dapat mengurai kemacetan sekitar Jalan Jakarta dan sekitarnya. Untuk itu, dia berharap agar pengusaha di kawasan tersebut memperhatikan sistem parkir kendaraan. ”Saya katakan agar sistem parkir di jalan tersebut tidak memakan badan jalan,” pungkasnya.

Pewarta             : Fajrus Shidiq
Copy Editor        : Dwi Lindawati
Penyunting         : Abdul Muntholib
Fotografer          : Rubianto