Mulai dari Mickey Mouse, Hulk, hingga Captain America

Bila dilihat dari atas Jembatan Embong Brantas, mungkin Kampung Tridi dan Kampung Warna-Warni Jodipan (KWJ) terlihat sama

Namun, pengecatan atap di Kampung Tridi sebenarnya berbeda dengan KWJ. Pada atap Kampung Tridi menggunakan konsep gradasi warna, apabila dilihat dari atas, warna-warna dari atap di perkampungan Tridi terlihat menyerupai pelangi.

Untuk gambar-gambar tiga dimensi yang diutamakan dalam Kampung Tridi adalah tema anak-anak, alam, serta hewan. Bisa dilihat di Kampung Tridi terdapat cukup banyak gambar-gambar yang mayoritas disukai oleh anak-anak seperti Mickey Mouse, Hulk, Thor, Patrick Spongebob, Spiderman, Captain America, dan lain-lainnya.

Meskipun ada juga gambar-gambar lainnya yang temanya berbeda. Yakni gambar-gambar yang mewakili alam seperti air terjun, laut, memancing ikan, dan lain-lainnya. Untuk gambar yang bertema hewan juga bermacam-macam seperti gorila selfie, T-Rex terikat lehernya, burung merak, paus, ular, hiu, singa rasta, singa mengaum, dan sebagainya.

Ketua Paguyuban Kampung Tridi Imam menyatakan, penghasilan warga yang berjualan, terutama untuk minuman serta makanan ringan, meningkat sejak kunjungan wisawatan semakin banyak. ”Selain itu, warga juga menjadi sadar akan pentingnya menjaga kebersihan di perkampungan yang mereka tinggali,” jelasnya, Sabtu (25/3).

Imam menjelaskan, sebelumnya jumlah warung di kawasan tersebut hanya sekitar 10 warung saja. Namun, saat ini jumlah warung bahkan telah mencapai lebih dari 50 unit. ”Mayoritas, masyarakat di sini penjual bakso. Setelah ada Kampung Tridi, warga mulai banyak yang membuka warung di rumahnya. Perekonomian warga pun meningkat,” ungkapnya.

Ke depan, Imam mengungkapkan akan dibangun jembatan kaca yang menghubungkan Kampung Tridi dengan KWJ. Selain itu, juga akan dibangun panggung apung di atas sungai antara Kampung Tridi dan KWJ. ”Jadi, nanti tinggi panggungnya menyesuaikan tinggi air yang ada di sungai,” paparnya. (viq/c2/riq)