Mudahkan Transaksi Nasabah, BNI iB Syariah Gandeng eCommerce hingga Travel Agent

KOTA MALANG – BNI Syariah berupaya memperkuat positioning iB Hasanah Card. Salah satu upaya strategis untuk memperkuat layanan kartu kredit berdasarkan prinsip syariah dengan akad kafalah, qardh, dan ijarah ini adalah dengan memberikan dskon hingga memperkuat jaringan dengan menggandeng berbagai merchant mulai dari ecommerce, fashion, travel, pendidikan, hotel syariah, hingga restoran.

“Merchant yang sudah bekerja sama dengan BNI Syariah untuk produk BNI iB Hasanah Card mencakup berbagai kategori, diantaranya fashion, travel, pendidikan, hotel syariah, restoran, maupun e-commerce,” jelas SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi.

Khusus untuk ecommerce, iB Hasanah Card menggandeng Pegipegi, JDID, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Traveloka, dan Tiket.com. Sedangkan untuk hotel syariah yang telah digandeng antara lain Hotel Noor di Bandung, Hotel Namira di Surabaya, Hotel Cinnamon Bandung dan Grand Daffam Hotel.

Komitmen iB Hasanah Card sebagai travel card syariah tak hanya ditunjukkan melalui kerjasama dengan merchant travel, namun BNI Syariah juga menawarkan promo hotel, restoran, paket umroh dan paket wisata muslim.

Ia menambahkan, BNI iB Hasanah Card hanya dapat bertransaksi di merchant halal di seluruh dunia pada merchant yang berlogo MasterCard. Jika pengguna BNI iB Hasanah Card menggunakan kartu ini untuk transaksi di merchant non halal, maka akan otomatis tertolak.

Untuk biaya membership dibayar sekali setahun besarnya tergantung jenis kartu yaitu Classic, Gold atau Platinum. Selain itu ada juga biaya bulanan yang dikenakan berdasarkan besar limit kartunya dan jumlahnya tetap setiap bulan.

“Pengguna BNI iB Hasanah Card juga bisa mengajukan permintaan Increase Credit Limit melalui call center yang akan diproses maksimal satu hari,” terangnya.

Sebagai bentuk apresiasi bagi pemegang kartu, BNI iB Hasanah Card memberikan cash rebate atas pembayaran yang dilakukan. Cash rebate ini berupa diskon yang menjadi pengurang biaya bulanan.

Secara nasional, pada Juni 2019, outstanding BNI iB Hasanah Card sebesar Rp 352.6 miliar dengan jumlah kartu 327.083. BNI Syariah menargetkan, outstanding kartu BNI iB Hasanah Card sampai akhir tahun 2019 tumbuh 13,5 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Sementara itu, Sales Head BNI Syariah Cabang Malang, Dahlia Syarifah Hanum menambahkan, di Malang pertumbuhan BNI iB Hasanah Card cukup bagus. Hingga saat ini, ada 2800 pemegang BNI iB Hasanah Card . Hingga akhir tahun, nasabah ditargetkan bisa tumbuh sebesar 50 persen.

“Kami optimis target bisa tercapai. Karena ada banyak program yang kami rilis,” jelas Dahlia.

Dahlia menerangkan, sesuai dengan tren saat ini, BNI iB Hasanah Card telah menggandeng banyak merchant mulai dari ecommerce, travel tour, hotel. Tak sekadar memperkuat jaringan merchant, BNI iB hasanah Card juga memberikan keuntungan berupa cash back.

“Kami juga memberikan benefit berupa cashback untuk pemegang hasanah Card yang bertransaksi di semua SPBU Pertamina, bengkel kendaraan dan toka buku,” imbuhnya.

Dahlia menuturkan, sesuai dengan prinsip syariah, BNI iB Hasanah Card tidak memakai penghitungan sistem bunga. Selain itu, nasabah juga tidak dikenai denda keterlambatan maupun denda over limit. Bahkan, khusus pemegang kartu Platinum, bisa menikmati layanan free executive lounge di bandara tanpa sistem poin.

Pewarta: Shuvia Rahma
Foto: Fia