MPR Minta Pemerintah Berlakukan Travel Warning ke Tiongkok

JawaPos.com – Kota Wuhan, Tiongkok, yang merupakan asal mula virus itu menyebar telah diisolasi. Daerah itu pun dijuluki sebagai ‘zombieland’ atau tanah para zombi oleh penduduk setempat yang putus asa.

Beredar gambar-gambar mengejutkan di media sosial yang menunjukkan, orang-orang pingsan di jalan dan ruang tunggu rumah sakit di tengah epidemi, yang telah merenggut nyawa setidaknya 17 orang.

Dilansir dari The Sun, Jumat (24/1), beberapa gambar lain yang dibagikan secara luas di media sosial diyakini lokasi itu berasal dari Wuhan. Penduduk di kota itu diperintahkan untuk menghindari kerumunan orang dan tidak menghadiri pertemuan publik. Wuhan seperti ‘kota hantu’ meskipun 11 juta populasinya.

Dalam satu video, seorang pria dapat terlihat berbaring tidak sadar, tergeletak di jalan. Sementara petugas medis mengenakan jas khusus dan masker gas berusaha untuk membantunya.

Menurut laporan, korban yang terjangkit virus korona tersebut mengenakan masker sedang mengantri untuk mengurus dokumen. Dia langsung kehilangan kesadaran dan pingsan. Satu situs berita lokal di Wuhan melaporkan bahwa korban dalam gambar itu meninggal karena coronavirus.

Geger virus Korona yang kini mewabah di Wuhan, Tiongkok. Pemerintah dan elite penyelenggara negara pun telah melakukan upaya-upaya pencegahannya agar tidak menyebar di Indonesia.

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani mengusulkan kepada pemerintah supaya memberlakukan travel warning atau peringatan perjalanan bagi warga negara Indonesia (WNI) ke Tiongkok.

“Pemerintah segera mengeluarkan travel warning pada masyarakat untuk tidak bepergian di tempat kota yang jadi asal Virus Korona,” ujar Muzani di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (24/1).

Peringatan travel warning ini dianggap perlu supaya para WNI untuk sementara tidak pergi ke Tiongkok atau lebih tepatnya ke Kota Wuhan asal Virus Korona tersebut mewabah.

“Sehingga warga Indonesia tidak mendatangi wilayah tersebut. Untuk menghindari terjangkitnya wabah,” katanya.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu juga berharap, pemerintah bisa menangani secara serius virus yang sedang mewabah tersebut. Hal ini untuk mengatisipasi masyarakat Indonesia tidak tertular virus tersebut.

?”Kami minta pemerintah menangani ini secara serius. Walaupun hanya satu orang tapi ini harus segera dilakukan tindakan cepat dan tepat,” pungkasnya.

Diketahui, dilansir dari situs resmi WHO, Virus Korona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS.

Berdasarkan informasi, Virus Korona biasa ditemukan pada banyak spesies hewan seperti unta dan kelelawar. Namun Virus Korona yang menginfeksi hewan dapat berevolusi untuk menyerang manusia dan membuat orang sakit.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono