MotoGP Italia: Menunggu Duel Marquez Vs Quartararo Edisi Kedua

MotoGP Italia: Menunggu Duel Marquez Vs Quartararo Edisi Kedua - JPNN.COM

jpnn.com, MUGELLO – Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo membuat kejutan di MotoGP Italia, setidaknya hingga sesi kualifikasi Sabtu (1/6) malam WIB. Pembalap Prancis itu muncul menjadi penantang terkuat Marc Marquez yang akan memimpin start balapan hari ini.

Duel keduanya mengingatkan situasi yang mirip saat MotoGP Spanyol di Jerez, 5 Mei lalu. Saat itu, Quartararo merengkuh pole position, lalu ada rekan setimnya, Franco Morbidelli memulai start di posisi kedua. Sedangkan Marquez menyusul di grid ketiga. Sayangnya, masalah gearbox yang menimpa M1 milik Quartararo membuatnya keluar lintasan lebih cepat. Sedangkan Morbidelli tak mampu tampil konsisten dan hanya finis di posisi sembilan saat balapan.

Pertarungan Marquez-Quartararo edisi kedua, hari ini akan menjadi sajian utama dalam balapan yang berlangsung di sirkuit Mugello, Italia. Kemarin, Marquez mendapatkan keuntungan ketika melahap putaran terakhir sesi kualifikasi kedua. Setelah masuk pit dan mengganti ban, rider andalan Honda itu menguntit Andrea Dovizioso dengan penuh perhitungan.

Dia memanfaatkan slip stream dari Dovi yang tepat berada di depannya. Juara dunia itu menempel ketat Dovi hingga garis finis. Momentum tersebut cukup membuat dia menggeser Quartararo yang sebelumnya memimpin kualifikasi.

Marquez mencatatkan waktu tercepat 1 menit, 45,519 detik. Sedangkan Quartararo terpaut 0,214 detik dari Marquez. “Itu adalah kualifikasi yang sulit, sulit menemukan cara untuk menjadi yang tercepat,” kata Marquez.

(Baca Juga: Marc Marquez Raih Start Paling Depan di MotoGP Italia, Rossi Ke-18)

Balapan hari ini akan menjadi pertarungan sengit buat dia dan para pesaingnya. “Saya harus siap buat besok (hari ini). Karena pembalap Yamaha berkendara dengan sangat baik,” terangnya.

Sementara itu, Quartararo menandai musim perdananya di MotoGP dengan cukup impresif. Meskipun belum mendapatkan podium, rider 20 tahun itu kerap memberikan kejutan saat kualifikasi. Kesempatan itu berulang di Mugello.