Motivasi Siswa Masuk PTN, SMAN 10 Datangkan 10 Profesor Mengajar

KOTA MALANG – Bimbingan belajar yang dilakukan guru sekolah jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) rasanya sudah biasa. Namun SMAN 10 Malang memiliki cara yang berbeda.

Sekolah yang terletak di kawasan Sawojajar ini mendatangkan 10 profesor untuk mengajar murid kelas XII. Masing-masing profesor memberi materi mata pelajaran yang masuk dalam UNBK. Kegiatan ini dilakukan mulai 1 Oktober sampai 24 Oktober.

“Kami libatkan profesor agar anak-anak ini bisa tahu. Eh ini loh cara mengajar gurumu nanti di universitas. Biar mereka semua termotivasi untuk kuliah dan matang secara materi,” ujar Kepala SMAN 10 Malang,  Dr. Husnul Chotimah.

Sebelumnya pada tahun lalu, SMAN 10 telah merancang program lesson study berbasis sekolah. Yang melibatkan dosen dalam merancang proses pembelajaran. Dimana setiap bulan profesor rutin melakukan in house training baik untuk murid dan guru.

Program itu sebelumnya berhasil meningkatkan rerata UNBK di SMAN 10 Malang. Di tahun 2017, rata-rata UNBK IPA adalah 58,9 dan IPS 65,2. Sedangkan tahun 2018 meningkat, IPA yakni 64,2 dan IPS 70,1.



“Dari program tersebut juga tercatat 212 siswa dari 304 siswa masuk di PTN. Satu kerja, satu gap year, sisanya PTS. Hampir menyentuh 70 persen yang masuk PTN. Tahun ini ada 337 siswa targetnya 100 persen masuk PTN,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu pengajar mata pelajaran ekomomi, Prof Dr Heri Pratikto, M.Si berujar program seperti ini efektif meningkatkan motivasi siswa. Proses belajar dosen yang menuntut siswa lebih aktif akan meningkatkan daya kritis siswa.

“Untuk hari ini saya memberi kateri siklus akuntansi perusahaan dagang. Dengan harapan mereka ini ke depan kritis dengan faktor produksi yang ada. Sekarang dimatangkan dulu konsepnya,” bebernya Rabu (9/10).

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia