Motif Batik Dayoni

Motif Batik Dayoni

Bahan yang dipakai mayoritas menggunakan katun dan tenun sutera bulu. Proses pembatikannya menggunakan cap kombinasi tulis, tulis murni dan tenun sutera bulu. Pilihan warnanya yaitu Sogan, dan indigo. Sedang motifnya merupakan motif kontemporer. Berupa kombinasi motif pakem seperti, Kawung dan Parang dipadukan motif piring Salampat dan motif salur.

“Modelnya berupa atasan dan bawahan celana kulot. Dalam satu setelan rancangan saya menggunakan tiga motif berbeda. Pada bagian atasan, kombinasinya di bagian lengannya. Sedang celana kulot memakai kombinasi dua motif berbeda, yaitu pada lapisan luar dan lapisan dalam. Ada pula yang menggunakan rok jarit lilit,” papar desainer Batik Dayoni, Neni Livia, kemarin.

Guna menjaga eksklusifitas, Neni sengaja membuat rancangannya secara terbatas yaitu tak lebih dari 10 setelan. Bahkan ketika konsumen memesan rancangan baru, motifnya selalu dibuat yang baru. Selain warna Sogan dan Indigo, dirinya juga mengeluarkan motif khusus dengan kombinasi warna hitam putih. Koleksi rancangan eksklusif Batik Dayoni ini, sudah dipasarkan di Sogo Plaza Tunjungan Surabaya. Ke depan, Neni akan lebih banyak mengeluarkan rancangan tenun sutera.

“Bagi konsumen yang tertarik dengan batik Model Kekinian ini, bisa memesan lagi tapi dengan motif yang berbeda. Segmen rancangan ini yaitu wanita dewasa, untuk acara santai maupun non formal,” jelas wanita yang juga owner Batik Dayoni.

(rs/bay/bay/JPR)