Moskow Makin Meriah Sambut Final Piala Dunia 2018

Moskow, Laporan Langsung, Laporang Langsung dari Rusia, Final Piala Dunia 2018, Piala Dunia 2018

JawaPos.com – Keseruan atmosfer Piala Dunia 2018 tidak hanya terasa di stadion. Di luar lapangan pun tak kalah asyik. Selain mendirikan Fan Fest di 11 kota tuan rumah, FIFA menghadirkan wahana unik bernama Football Park.

Di Moskow, taman sepak bola itu berada di tempat paling terkenal. Yakni, Red Square. Lapangan Merah adalah must visit place di Rusia. Tempat yang wajib dikunjungi oleh siapapun yang menginjakkan kaki di negeri Beruang Merah. Puluhan ribu orang berlalu-lalang di Red Square setiap hari.

Sejak dibuka untuk publik pada 21 Juni, Football Park menjadi salah satu pusat perhatian pengunjung kawasan Lapangan Merah. Terutama pada pencinta bola. Lokasinya tepat di depan Kremlin. Di depan museum di mana jenazah pejuang revolusi Rusia Vladimir Lenin bersemayam. Yang lebih penting, tidak perlu tiket untuk menikmati Football Park. Gratis.

Suasana di Red Square, Moskow (Angger Bondan/Jawa Pos)

Football Park didesain layaknya taman. Ada berbagai permainan yang bisa dinikmati. Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun bisa. Ada lapangan sepak bola mini, adu tendangan penalti, dan beragam permainan lain yang berhadiah.



Untuk menambah daya tarik, panitia menghadirkan para legenda sepak bola dunia. Mantan kiper timnas Spanyol Iker Casillas hadir pada acara pembukaan. Dia ”bertugas” mengawal trofi Piala Dunia yang dipamerkan. Setelah Casillas, nama-nama tenar lain bergantian menyambangi Football Park. Di antaranya Hernan Crespo, Ronaldo, Carles Puyol, Lothar Matthaus, dan Diego Forlan.

Bahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin sempat menjadi bintang tamu di Football Park. Dia mengunjungi paviliun tempat trofi Piala Dunia dipamerkan. Putin juga menyapa anak-anak yang bermain bola, menjajal permainan ketangkasan penalti, serta menjadi penendang pertama pertandingan antarlegenda sepak bola.

“Saya senang menjadi bagian dari acara hebat ini,” kata Crespo dalam sesi wawancara yang diikuti Jawa Pos akhir bulan lalu. Mantan penyerang timnas Argentina itu memuji tuan rumah Rusia yang bekerja keras menyukseskan Piala Dunia 2018. Dia juga mengapresiasi besarnya antusiasme fans. “Taman ini sangat bagus dan menjadi bagian penting untuk menyemarakkan Piala Dunia,” kata pemain yang tampil pada Piala Dunia 1998, 2002, dan 2006 itu.

Crespo dan bintang-bintang yang lain tidak sekadar menjadi tamu. Mereka juga berbagi ilmu sepak bola kepada anak-anak. Setelah itu, para pengunjung mendapatkan kesempatan foto bareng. Momen istimewa yang dinanti-nanti para pengunjung Football Park.

Sejak kali pertama dibuka, Football Park dibanjiri pengunjung. Mayoritas adalah keluarga. Para orang tua membawa anak-anak mereka untuk menikmati berbagai permainan bernuansa sepak bola. Bagi yang hobi belanja, ada fan shop yang menyediakan bermacam merchandise Piala Dunia 2018.

Aleksandr, pria asal Moskow, mengaku sangat menikmati keberadaan Football Park. Apalagi, pada dasarnya dia memang gila bola. Kedatangan Crespo juga membuatnya antusias. Aleksandr mendapat kesempatan emas berupa tanda tangan Crespo di jersey AC Milan yang dia bawa. “Saya akan pajang (jersey) ini di rumah,” katanya.

Football Park Moskow dibuka sampai hari terakhir Piala Dunia 2018. Puluhan ribu orang diprediksi bakal mengunjungi taman sepak bola itu hingga perhelatan partai final malam ini.

(*/na)