Modus Selundupkan Sabu dengan Pembalut Terungkap








JawaPos.com – Seorang pria berinisial W, 24, diamankan oleh petugas Avsec Bandara SSK II Pekanbaru, Riau. Pemuda itu kedapatan menyimpan sabu dalam pembalut, diduga ia merupakan kaki tangan dari sindikat jaringan narkoba.







“Ini jaringannya besar. Di seluruh Indonesia. Ada belasan orang ini yang sudah ditetapkan sebagai DPO,” kata Kapolresta Pekanbaru, KombesnSusanto di Pekanbaru, Rabu (24/10).







Dari penangkapan ini, ada dua pria yang diamankan. Awalnya pihak bandara mengamankan W saat akan melewati (Security Check Point) SCP II Bandara sekitaran pukul 08.30 WIB. Kemudian pihak bandara berkoordinasi dengan polisi. Kemudian dilakukan pengembangan dan berhasil diamankan seorang pria lainnya di salah satu hotel di Pekanbaru.







Di hotel tersebut, polisi menemukan paket narkoba jenis sabu-sabu dan ekstasi dengan jumlah fantastis. Namun saat ditanya, Kapolresta enggan menyebutkan berapa jumlah barang bukti yang sudah diamankan. “Besoklah ya dirilis dengan Kapolda. Kita masih pengembangan,” ucapnya.







Namun perwira menengah ini memastikan bahwa, pria yang diamankan di bandara itu memiliki jaringan besar. Sayangnya, ia tak merinci berapa total barang bukti narkoba yang diamankan.







Tidak hanya di Pulau Sumatera saja, tetapi juga tersebar di Pulau Jawa. “Kita sudah berkoordinasi dengan Polda Jabar (Jawa Barat) dan Polda Sumsel (Sumatera Selatan),” tuturnya.








Anggota Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru juga saat ini sedang melakukan pengejaran jaringan W ke beberapa daerah di Indonesia. “Ini kita nunggu anggota balik juga. Ya kuncinya si dia ini (W),” kata dia.








Untuk diketahui, W diamankan oleh Avsec Bandara SSK II Pekanbaru, Selasa (23/10) pagi. General Manager (GM) Angkasa Pura II Jaya Tahoma Sirait mengatakan, saat itu petugas mencurigai gerak-geriknya.







Kemudian ketika dilakukan pemeriksaan di ruangan pemeriksaan tertutup petugas mendapati W memakai pembalut perempuan di selangkangannya.







“Ditemukan barang bukti beratnya sekitar 40 gram sabu-sabu. Ia hendak berangkat ke Pulau Jawa. Kita sudah serahkan penanganannya kepada Polresta Pekanbaru untuk pengembangan lebih lanjut,” kata Jaya.







(ica/JPC)