Modangan, Pantai Indah Sepi Pengunjung

DONOMULYO – Bagi mereka yang pernah mengunjungi Pantai Modangan, boleh jadi sepakat pesonanya tak kalah dengan pantai lainnya di pesisir Malang Selatan. Namun sayang, pantai indah yang mempunyai fasilitas paralayang tersebut cenderung sepi.

Kondisi semacam itu dibenarkan petugas parkir Pantai Modangan, Tumidi. Berdasarkan pengakuannya, setiap hari pantai yang berada di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, itu cenderung sepi pengunjung, bahkan pada hari libur.

”Meskipun weekend selalu sepi, paling banyak mungkin hanya 10 orang,” tuturnya. Padahal, di pantai yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar itu tidak ada tiket masuk. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5 ribu untuk biaya parkir kendaraan.

Menurut pria yang akrab disapa Situm itu, pantai tersebut ramai hanya kalau ada event besar seperti International Paralayang Trip of Indonesia yang termasuk dalam rangkaian Malang Beach Festival 2018 lalu. ”Kalau ada event semacam itu baru banyak pengunjung di sini,” imbuhnya.

Situm mengakui, sepinya pengunjung pantai tersebut salah satu penyebabnya yaitu akses jalan yang masih buruk. ”Mungkin karena jalannya rusak, jadi gak banyak yang datang ke sini,” tuturnya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Kanjuruhan, akses jalan arah ke pantai  masih perlu banyak dibenahi. Selain aspal jalan yang rusak, masih ada ruas jalan yang berupa makadam.

Selain  itu, akses menuju ke pantai itu juga cukup jauh dibanding pantai yang lain. Terhitung jarak pantai itu dengan Kota Malang mencapai 70 kilometer. ”Hal ini pula mungkin yang menjadi pertimbangan wisatawan,” tutupnya.

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Ahmad Yani