Mobil Firefighter City Tour Jadi Destinasi Baru

Inovasi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang

Satuan polisi pamong praja (satpol PP) saat ini fungsinya tidak hanya menegakkan peraturan daerah (perda), tapi juga ikut serta melayani masyarakat. Lalu, apa yang mereka lakukan?

Satpol PP mempunyai fungsi pelayanan karena saat ini satpol PP membawahi unit pelaksana teknis daerah (UPTD) pemadam kebakaran (damkar). Nah, yang baru-baru ini programnya dirilis adalah Firefighter City Tour.

Dengan program ini, para siswa TK dan SD bisa menikmati paket wisata ini. Yakni, berkeliling Kota Malang dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran atau yang biasa disebut brandweer. Dengan memakai mobil tak biasa, para siswa terlihat semringah saat diajak keliling kota.

Meski istilahnya paket wisata, tapi program ini sifatnya gratis. ”Ini program untuk memfungsikan mobil damkar yang sudah tua, misalnya sebagai rekreasi anak-anak sekaligus menjadi media edukasi,” ucap Kepala Satpol PP Kota Malang Priyadi kepada Jawa Pos Radar Malang.

Menurut dia, dari total lima program utama satpol PP, program ini merupakan program unggulan satpol PP.

”Daripada mobil damkar yang sudah lama ini musnah dan tidak digunakan,” imbuh pria yang menjabat sebagai kasatpol PP sejak pertengahan 2017 itu.

Sedangkan untuk saat ini, satpol PP saat ini sudah mobil damkar yang sudah canggih. Yakni, bisa menampung 4.000 liter air dengan jangkauan 70 meter.

”Bedanya dengan tahun lalu, kami tidak ada yang seperti ini. Makanya sekarang damkar dibuat unggulan dan biar masyarakat bisa melihat serta untuk sarana edukasi bagi anak-anak,” tambahnya.

Tak hanya itu, di kantor PMK di Jalan Bingkil, Kota Malang, menurut Priyadi, anak-anak juga bisa belajar tentang tugas-tugas pemadaman kebakaran.

”Tidak hanya untuk anak-anak dan PAUD, masyarakat umum juga boleh jika memang memerlukan pengetahuan terkait PMK,” imbuh mantan camat Blimbing ini.

Sedangkan terkait aktivitas tentang penanggulangan bahaya kebakaran, menurut Priyadi, pihaknya pernah melakukan sosialisasi di perusahaan seperti mal, perkantoran, dan lain sebagainya.

Pewarta: Irham Thoriq
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Rubianto