MKD Harus Segera Rapat soal Setya Novanto

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lukman Edy mengatakan, MKD DPR perlu memprioritaskan masalah yang membelit Setya Novanto. Sebab, bagaimanapun pimpinan DPR perlu bekerja. “Saya kira harus jadi prioritas, terserah keputusannya seperti apa MKD ini. Cuma harus segera rapat,” ujar Lukman saat dihubungi, Jumat (24/11).

“Kalau enggak rapat berarti MKD ini enggak responsif,” imbuh Wakil Sekretaris Jenderal PKB ini.

Ilustrasi: rapat DPR
(Desynta Nuraini/JawaPos.com)

MKD juga ?tidak perlu menunggu para pimpinan fraksi kapan bisa menggelar rapat. Sebab untuk menyelenggarakan rapat merupakan kewenangan dari MKD. “Ngapain rapat konsultasi. Sudah rapat saja internal MKD, orang kewenangannya sudah ada di UU MD3,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Setya Novanto telah ditetapkan tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Setya Novanto selaku anggota DPR periode 2009-2014, bersama-sama dengan Anang Sugiana Sudihardjo, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Irman selaku Dirjen Dukcapil dan Sugiharto sebagai pejabat di lingkup Kementerian Dalam Negeri, diduga telah menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau koorporasi, menyalahgunakan wewenang atau jabatan yang ada padanya saat itu.

Karenanya, dia diduga merugikan perekonomian negara sejumlah Rp 2,3 triliun dengan nilai paket pengadaan Rp 5,9 triliun dalam pengadaan paket KTP elektronik 2011-2012 pada Kemendagri.

Atas dasar itu, Setya Novanto disangka melanggar Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 2009 tentang Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001, jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.


(cr2/JPC)