MKD DPR akan Gelar Rapat Bahas Nasib Setya Novanto

Wakil Ketua MKD Sarifuddin Suding mengatakan, pihaknya akan menyelenggarakan rapat bersama para pimpinan fraksi yang ada di DPR. Itu dilakukan untuk mendalami persoalan Setya Novanto yang saat ini sudah ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Jadi untuk mendengarkan pandangan dan pendapat para pimpinan fraksi,” ujar Sudding saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11).

Ketua DPR Setya Novanto saat tiba di gedung KPK menggunakan rompi tahanan usai dijemput dari Rumah Sakit Cipto Manhunkusumo, Jakarta, Minggu (19/11/2017)
(Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Sekretaris Jenderal Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini menambahkan, tidak menutup kemungkinan akan memanggil pihak dari KPK untuk meminta pendapat. “Jadi bisa saja diminta keterangannya,” katanya.



MKD bisa saja memproses anggota dewan tanpa adanya aduan dari masyarakat. Sebab, saat ini banyak pihak yang menilai dengan ditahannya Setya Novanto mempengaruhi citra yang ada di DPR. Apalagi juga ada indikasi yang dilakukan Setya Novanto melangar etika anggota dewan.

“Bahwa dengan ditahannya Setya Novanto ada indikasi kuat telah terjadi pelanggaran sumpah dan jabatan janji seorang pimpinan dewan dalam melaksanakan tugas,” pungkas Sarifuddin Suding.

Sekadar informasi, saat ini masyarakat di media sosial menilai Setya Novanto perlu diberhentikan dari anggota dewan karena telah ditahan oleh KPK. Alasannya, Setya Novanto telah merusak citra DPR.

Sementara saat ini Setya Novanto resmi ditahan di Rutan KPK sejak Senin (20/11). Ketua Umum Golkar itu dipindahkan oleh tim KPK dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, setelah dokter memastikan kesehatan Setya Novanto telah pulih paska kecelakaan di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan.


(cr2/JPC)