Mistik Gunung Panderman Batu, yang Jadian Saat Mendaki Akan Menjadi Suami-Istri ?

Pemandangan Gunung Panderman yang cantik

MALANG – Ada banyak kejadian aneh yang diceritakan oleh para pendaki Gunung Panderman. Meski Gunung di Kota Batu yang kini sedang terbakar itu tidak terlalu tinggi, tetapi ada yang menyebut cukup mistis. Seperti apa?

1. Yang Jadian Akan Berlanjut ke Pelaminan
Mitos ini sempat beredar di kalangan mahasiswa tahun 90 an. Ada yang mengatakan, para pendaki yang jadian saat mendaki Gunung Panderman maka biasanya akan berlanjut ke pelaminan. Mito situ memang tidak bisa dibuktikan secara nyata. Tapi kabarnya banyak yang sudah mengalami. Percaya tidak percaya.

2. Ada Pasar Setan
Mitos lainnya, di Gunung Panderman ada yang namanya Pasar Setan. Menurut kabar, lokasi yang disebut Pasar Setan berada di Latar Ombo. Bagi para pendaki gunung tersebut, Latar Ombo sudah tidak asing lagi. Konon di Latar Ombo sering terlihat keramaian, meskipun sebenarnya dalam kondisi sepi pendaki.

3. Digoda Mahkluk Halus
Ada juga pengalaman lain yang dialami oleh pendaki, misalnya diganggu makhluk halus di kaki Gunung Panderman. Suatu ketika ada rombongan yang menginap di salah satu musala, tetapi tiba tiba seperti ada yang membuka pintu. Namun setelah dilihat ternyata tidak ada.

4. Seperti Selalu Dibuntuti Seseorang
Kemudian cerita dari pendaki lain yang merasa selalu ada yang menguntit saat mendaki gunung. Perasaan pendaki itu tidak enak, tetapi setiap menoleh ke belakang tidak ada apa apa.



5. Gitar Bunyi Sendiri
Lalu saat tiba di Puncak Basundara rombongan tersebut beritsirahat dan bermain gitar dan menyanyikan bebarapa lagu. Anehnya saat mereka selesai bermain gitar dan sedang santai. Tiba-tiba gitarnya berbunyi sendiri, jreng…jreng…

Penyunting: Kholid Amrullah
Diolah dari berbagai sumber