Misteri Pasar Besar Malang, Sering Kebakaran, Tempat Syuting Horor, Kasus Bunuh Diri hingga Mutilasi

Salah satu lokasi di Pasar Besar yang kini menyita perhatian karena kasus mutilasi

KOTA MALANG – Lantai 2 Pasar Besar Malang (PBM) yang sejak kebarakaran tahun 2016 tak terurus digunakan menjadi sasaran eksekusi kasus mutilasi seorang wanita misterius. Korban yang dicacah tubuhnya menjadi 6 bagian oleh Sugeng, 49, itu hingga kini masih menjadi misteri identitasnya. Berikut fakta perjalan PBM, mulai dari jadi langganan kebakaran hingga dijadikan tempat Sugeng menghabisi korbannya.

Kebakaran di PBM seperti sudah menjadi agenda. Salah satu kebakaran yang menyebabkan perubahan paling besar adalah pada tahun 1985 ketika terjadi di wilayah timur pasar. Setelah kebakaran tersebut, untuk sementara bangunan pasar diganti dengan kerangka besi dan atap asbes bergelombang.

Namun pada tahun 1988, bangunan pasar yang semula hanya satu lantai dan lebih terbuka dibangun menjadi sebuah gedung yang tertutup dengan empat lantai dengan pengerjaan yang baru selesai pada sekitar tahun 90-an. Pada bentuk yang baru ini, pasar besar Malang hadir dengan bentuk yang lebih modern dan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan modern berupa Matahari di lantai tiga.

Pada tahun 2002 sempat terjadi dua kali kebakaran pada pusat perdagangan di kota Malang ini. Hanya saja kobaran api yang tidak terlalu besar dan antisipasi yang cepat membuat api tidak meluas dan bisa diatasi sebelum menimbulkan kerugian yang lebih besar.


Pada tahun 2003, terjadi lagi kebakaran besar yang menghanguskan lantai dua dan tiga yang ditempati Matahari Department Store. Walaupun cukup besar, kebakaran ini tidak terlalu berpengaruh terhadap lantai bawah tempat pasar tradisional. Namun kebakaran ini menyebabkan terjadinya renovasi lagi terhadap bangunan pasar serta ditambahkannya lagi satu lantai di bagian atas pasar.

Tahun 2014, sempat terjadi kebakaran lagi di wilayah pasar besar Malang, namun kobaran api tidak meluas dan hanya melanda dua kios yang ada. Kebakaran yang terjadi pada tahun 2014 itu ternyata bukan peristiwa terakhir karena pada 26 mei 2016 kembali terjadi kebakaran yang cukup besar di wilayah pasar besar Malang. 

“Iya dulu sering kebakaran, dijadikan tempat bunuh diri. Tapi sejak 3 tahun terakhir di sini sepi. Eh sekarang rame lagi gara-gara ada kabar berita mutilasi. Sebenarbya 4 hari sebelum ditemukan saya sudah curiga sama bau di atas. Tapi baru kerasa banget ya pas hari H ditemukan polisi itu,” ujar pemilik Toko Karya Jaya, M. Efendy.

Selain itu, Pasar besar juga pernah dijadikan lokasi syuting untuk tayangan horor.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah