Minta Hujan, Warga Jabar Diajak Salat Istisqa Besok di Lapangan Gasibu






JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar Salat Istisqa di Lapangan Gasibu Bandung, Selasa (16/10) besok. Warga Bandung dan sekitarnya diajak untuk mengikuti acara yang akan diselenggarakan pada pukul 07.30 WIB itu.





Seruan tersebut merupakan untuk meminta diturunkan hujan di kemarau yang terjadi tahun ini. Sebelumnya Salat Istisqa juga telah digelar oleh Pemerintah Kota Bandung, pada hari ini, Senin (15/10).







Sekretaris daerah (Sekda) Pemprov Jabar Iwa Karniwa menyebut, kondisi sejumlah waduk di Jabar, seperti Waduk Jatiluhur maupun Waduk Cirata, Purwakarta terus menurun debit airnya. Maka digelar salat untuk meminta hujan sebagai salah satu solusi mengatasi kekeringan di Jabar.





“Pertama dengan melakukan ikhtiar lewat koordinasi dengan Pemerintah Pusat yaitu mendorong terjadinya hujan buatan. Kedua sebagai umat beriman kami mengimbau kepada Bupati, Wali Kota dan jajarannya untuk melakukan salat memohon doa agar Allah menurunkan hujan,” katanya di Bandung, Senin (15/10).





Kegiatan ini juga sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Maka bersama MUI Jawa Barat kembali berkoordonasi perihal teknis pelaksanaanmya.





“Insya Allah Salat Istisqa akan dilaksanakan besok pagi. Saya meminta keiklasannya untuk seluruh ASN, masyarakat sekitar wilayah Gasibu dan karyawan untuk melaksanakan Salat Istisqa,” ujarnya.






Dengan rencana tersebut berharap salat dilaksanakan secara serentak. Secara teknis, Pemprov Jabar juga akan membuat modifikasi cuaca atau hujan buatan di sekitar waduk. Sehingga waduk-waduk yang ada di Jabar bisa kembali dipenuhi air. Begitupun dengan sungai, perkebunan atau sawah bisa mendapatkan air.






(ona/JPC)