Minimal Pertahankan Runner-Up

KOTA MALANG – Target Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VI kali ini tidak muluk-muluk. Berkaca dari porprov edisi sebelumnya di Banyuwangi, 2015 lalu, target minimalnya adalah runner-up.

Seperti diketahui, di Porprov V lalu, kontingen KONI Kota Malang menjadi runner-up dengan raihan 42 medali emas, 32 medali perak, dan 50 medali perunggu. Perolehan tersebut, masih kalah jauh dengan kontingen dari Surabaya yang meraih 118 medali emas, 98 medali perak, dan 77 medali perunggu.

Ketua Umum KONI Kota Malang Eddy Wahyono menyatakan, untuk porprov tahun ini minimal bisa mempertahankan juara kedua. ”Namun dengan perolehan medali lebih banyak,” kata dia kepada Jawa Pos Radar Malang kemarin (7/1).

Demi merealisasikan target itu, sejumlah cabor sudah mulai menggelar pemusatan latihan. Proses seleksi atlet pun terus berjalan selama pemusatan latihan berlangsung.

”Masih ada degradasi dan promosi. Yang terbaiklah yang akan kami berangkatkan. Dua atau tiga bulan (sebelum porprov digelar), kami akan fix-kan nama-nama yang berangkat,” ungkap pria yang juga ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Kota Malang itu.



Dari 40 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di porprov nantinya, ada KONI Kota Malang yang sudah memetakan mana saja yang berpotensi menjadi lumbung medali. ”Nantinya di sepeda, atletik, dan gulat di antaranya potensi yang mendapatkan medali,” ungkap dia.

Di porprov  ke VI kali ini, Eddy menjelaskan, juga butuh kerja dan keuangan yang ekstra. Sebab, venue pertandingan terbagi di empat daerah. Yakni, Gresik, Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro.

”Untuk anggaran yang dibutuhkan jelas lebih besar,” ungkap dia. Hanya, berapa anggaran yang dibutuhkan masih belum ditentukan. ”Sekarang ini masih kami bahas, berapa untuk akomodasi dan transportasi nantinya yang dibutuhkan,” tandas Eddy.

Pewarta             : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor        : Dwi Lindawati
Penyunting         : Indra Mufarendra
Fotografer          : Rubianto