Milo Puji Performa Hamka

MALANG KOTA – Usia Hamka Hamzah memang sudah tidak muda lagi. Saat ini, kapten Arema FC itu sudah berusia 35 tahun. Namun, soal performa tidak kalah dengan pemain yang lebih muda darinya. Perannya di tubuh Singo Edan juga sangat vital.

Dari 17 pertandingan yang sudah dijalani Arema di Liga 1 2019 ini, Hamka hanya absen sekali saat melawan Kalteng Putra. Saat dia absen, Singo Edan dibantai 2-4 oleh tim asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah, itu. Sampai saat ini Hamka sudah mencatatkan 1.440 menit bermain.

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan Hamka sangat vital di Arema. Sebagai stopper, dia tidak hanya sebagai palang pintu pertahanan, namun juga menjadi pemecah kebuntuan lini serangan Arema. Hamka juga sudah mencatatkan 2 gol dan 1 assist sampai saat ini.

Karena itu, pelatih Arema FC Milomir Seslija cukup senang dengan performa pemainnya ini. Begitu juga saat Arema menjamu Borneo FC Jumat lalu (13/9). Overlap yang dilakukan pemain dengan nomor punggung 23 itu, membuahkan gol kedua Arema yang dicetak Ricky Kayame.

Meski dengan gol itu Singo Edan tetap harus menerima hasil seri 2-2. ”Hamka adalah pemain yang brilian, dia fantastik, karena akselerasinya ke depan membuat Arema bisa mencetak gol,” kata pelatih yang akrab disapa Milo tersebut.



Menurut Milo, dia tidak hanya sebagai pemain bertahan. Namun juga membantu pemain depan. ”Kadang-kadang dia juga striker,” kata pelatih dengan lisensi UEFA Pro itu. Semua peran tersebut, jelas Milo, diperankan sangat bagus. Seperti saat Arema melawan Persija Jakarta lalu.

Saat tertinggal 1-2, Arema mengejar. Hamka pun, naik dari barisan pertahanan ke lini serang. Hasilnya, dari kegigihan mantan pemain Sriwijaya FC itu membuat barisan pertahanan Persija kocar-kacir. Gol Ahmad Nur Hardianto menyamakan kedudukan 2-2.

Bagi Milo, semua pemainnya saat ini juga bagus. Termasuk rekrutan di transfer window putaran kedua ini, Takafumi Akahoshi. Pemain asal Jepang itu cukup tenang, dan turut memberikan 1 assist saat melawan Borneo. Namun, Aka–sapaan Akahoshi harus ditarik dan digantikan M Rafli.

”Aka saya ganti bukan karena kualitasnya (kurang), namun kami coba pasang Rafli yang punya fisik lebih segar,” kata mantan pelatih Madura United itu. Kedua pemain ini, nantinya juga siap saat melawan Persela Lamongan Jumat ini (20/9).

Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro