Microsoft Kenalkan Ponsel Lipat ‘Surface Duo’

RADARMALANGID – Ponsel dengan layar yang bisa dilipat tak lagi sekadar angan. Pekan lalu, Microsoft resmi mengenalkan the ‘Surface Duo’.

Dilansir melalui The Verge (9/10), Surface Duo menyapa publik bersama saudaranya, Surface Neo. Meski perangkat dual screen ini kembar, Surface Duo hadir dengan ukuran lebih kecil dan dijalankan oleh sistem Google Android. Berbeda dengan sang kakak yang menggunakan Windows 10X.

Microsoft berkomitmen menggunakan perangkat layar ganda karena memungkinkan orang-orang mengerjakan lebih banyak hal selama perjalanan. The Surface Duo dihadirkan dengan dua layar berukuran 5.6 inci dan tebal 4.8 mm. Seperti dompet, perangkat ini dapat dilipat dengan mudah dan masuk ke kantong baju.

Raga microsoft dengan jiwa Android, tech enthusiast pun menyebut ‘Surface Duo’ sebagai smartphone. Namun, Microsoft sendiri tidak mengkategorikannya sebagai ponsel. “Aku merasa ‘ponsel’ seperti kata yang terbatas. Lalu kalian bilang smartphone. Aku tak yakin apa itu,” ungkap chief product officer Microsoft, Panos Panay.



Panay mengakui penggunaan Android pada ‘Surface Duo’ karena aplikasi itulah yang diinginkan customer. “Ini tentang menemui dimana customer berada, akan kemana. Aku tidak berpikir platform aplikasi mobile akan pergi kemanapun dalam waktu dekat. Sederhana, karena kalian butuh aplikasinya,” ujar Panay.

Butuh 3 tahun persiapan bagi ‘Surface Duo’ untuk debut. Dijelaskan oleh Panay jika perangkat lipat ini bukan reaksi dadakan atas diluncurkannya ‘Samsung Galaxy Fold’ dan ‘Huawei Mate X.

‘Surface Duo’ rencananya baru akan rilis tahun 2020. Perkenalan dini dilakukan Microsoft agar para developer mendukung ambisi dual screen mereka. Meski Microsoft menegaskan tidak akan merubah perangkat keras ‘Surface Duo’ hingga rilis ke pasaran, namun tidak menutup kemungkinan akan ada update prosesor.

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa
Penyunting: Fia