Merentang Sayang, Merangkul Cinta

JawaPos.com – Merentang Sayang, Merangkul Cinta. Ini bukanlah judul puisi, film layar lebar, atau FTV. Melainkan tema dari agenda halalbihalal yang dihelat sebuah perkumpulan orang-orang Minang berjuluk Indo Jalito Peduli.

Astri Asgani, atau Uni At biasa ia dipanggil, menjelaskan perkumpulannya yang berdiri sejak 2001 itu fokus pada isu kesejahteraan sosial, budaya, dan pendidikan yang dihadapi masyarakat Minang baik di rantau maupun kampung halaman. “Prinsip saya ketika mendirikan Indo Jalito Peduli adalah jangan pernah berharap terima kasih dari orang, jangan pernah berharap pujian dari orang, berbuat baik tanpa berharap apapun jua. Jadi, kami ikhlas bergerak dalam Indo Jalito Peduli selama ini” kata Uni At melalui keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Kamis (11/7).

Sekjen DPD RI, Donny Moenek yang turut hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan rasa salutnya atas eksistensi Indo Jalito Peduli selama ini. “Indo Jalito Peduli mampu bertahan selama 18 tahun lebih, dan mudah-mudahan akan selalu eksis memperjuangkan misinya dalam mendidik masyarakat dan mengembangkan budaya Minangkabau baik di rantau dan di ranah,” kata Donny.

Lebih lanjut dia berharap, Indo Jalito Peduli bisa menginspirasi lebih banyak anak muda Sumatera Barat untuk semakin mencintai budaya Minang. Di sisi lain, ia juga berharap pemerintah memberikan ruang ekspresi dan mendorong organisasi pemerhati budaya seperti Indo Jalito Peduli ini.

“Sebagai Urang Awak, inilah kekuatan kita, budaya yang tak lapuk oleh hujan, tak lekang oleh panas. Untuk itu saya sangat mengapresiasi acara ini. DPD RI, sangat memperhatikan aspirasi dan potensi daerah sebagai harta kekayaan daerah nan tak terhingga nilainya,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut artis legendaris Ely Kasim, anggota DPD RI utusan Sumbar Alirman Sori, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Wali Kota Sawahlunto Dari Asra, serta mantan Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadigue.