Mereka sudah datang ke RS Hasan Sadikin sekitar pukul 06.00 WIB.

Keempat pasangan adalah Sudrajat-Syikhu yang diusung PKS, Partai Gerindra dan PAN. Deddy Mizwar-Dedi Muluadi yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat. Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul yang diusung PPP, PKB, Nasdem dan Partai Hanura. Lalu TB Hasanudin-Anton yang diusung PDIP.

Mereka sudah datang di RS Hasan Sadikin sekitar pukul 06.00 WIB. “Para pasangan calon sudah datang. Semua totalnya delapan orang cagub dan cawagub,” ucap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Endun Abdul Haq.

Sebelum pemeriksaan kesehatan, semua kandidat mendapatkan penjelasan dari dr Erwan. Kedua, penjelasan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Jabar. Lalu dilanjut penjelasan dari Himpunan Psikologi Indonesia (Hipsi) Jabar. “Hari ini ful akan dilakukan pemeriksaan kesehatan,” kata Endun.

Usai penjelasan, para kandidat sarapan dan dilanjut tes MMPI lalu pengambilan darah serta urine. Tahapan ini memankan waktu kurang lebih dua jam. “Para paslon diberi sarapan. Lalu tes MMPI. Setelahnya pemeriksaan darah dua jam usai makan,” jelas Endun.

Tahap berikutnya wawancara psikologi yang dilakukan psikiater. Kemudian tes keseluruhan yang dilakukan tim dokter RS Hasan Sadikin Bandung. 14 Dokter disiapkan untuk proses pemeriksaan tersebut. “Yakni (dokter) penyakit dalam, bedah saraf, ortopedi, uropedi, gigi dan mulut, THT, jantung dan mata,” ulas Endun.

Sebelumnya, empat pasangan Bacagub-Bacawagub Jabar sudah melakukan pendaftaran di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung. Mereka menyerahkan beberapa berkas yang menjadi syarat untuk maju di Pilgub Jabar 2018.


(ona/JPC)