Menyerang Pernapasan hingga Sebabkan Kematian, Ini Cara Mencegah Corona

 

RADARMALANGID – Daratan China sedang dalam kondisi siaga, serangan virus Corona jadi penyebabnya. 20 orang dilaporkan meninggal dunia dan lebih dari 400 orang terdeteksi infeksi.

Virus misterius yang mulai menyebar di kota Wuhan pada Desember 2019 tersebut sekarang sudah menyebar di 13 provinsi China. Bahkan kasus Corona juga ditemukan di negara lain seperti Jepang, Taiwan, Thailand, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Menyusul dampak masif yang ditimbulkan, World Health Organization pun sempat mendeklarasikan darurat kesehatan untuk kasus virus Corona. Lantas, apa sebenernya virus Corona?

Sejenis Virus SARS

Melansir dari CNN (23/11), Corona merupakan jenis virus yang umum ditemukan dalam tubuh hewan. Virus ini bersifat zoonotic, alias dapat berpindah dari hewan ke manusia, serta menjangkit sesama manusia. Dua jenis virus Corona mematikan yang pernah menjangkit masyarakat global ialah SARS dan MERS.

Menyerang Saluran Pernapasan

Umumnya virus Corona akan menyerang saluran pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, kadang juga disertai demam. Untuk beberapa kasus, virus Corona yang menyerang manusia juga dapat menyebabkan pneumonia hingga bronchitis. Semakin lemah imun yang dimiliki seseorang misalnya orang tua atau anak-anak, akan lebih parah gejala yang diderita.

Virus ini bisa tersebar dengan mudah, yakni melalui udara (batuk dan bersin), kontak fisik (berjabat tangan dan memegang), atau memegang permukaan yang sudah terpapar virus.

Bisa Dicegah

Dikutip melalui laman Centers for Disease Control and Prevention, infeksi virus Corona dapat dicegah dengan rutin mencuci tangan dengan sabun, menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan kotor, serta menjauh dari orang sakit.

Belum ada penanganan spesifik untuk virus Corona, karena biasanya penderita akan pulih sendiri. Namun obat-obatan demam akan cukup membantu. Minum banyak air dan mandi air panas untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Penulis: Zhavirra Noor Rivdha
Foto: Istimewa