Menuju Satu Data Kependudukan, Sensus Online Digeber

KOTA BATU – Sensus penduduk berbasis online sudah bisa diakses hari ini (15/2). Dengan sensus ini, masyarakat diharapkan berpartisipasi langsung. Caranya juga cukup mudah, hanya berbekal handphone (HP) dan akses internet, mereka bisa menyediakan data kependudukan yang valid.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu Parjan mengaku siap menyukseskan sensus penduduk berbasis online ini. Kesiapan itu ditandai dengan apel siaga di Kantor BPS Kota Batu Jalan Melati, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, kemarin (14/2). ”Langkah selanjutnya, kami tinggal monitoring dan pendampingan (terhadap proses sensus online),” ucap dia.

Parjan menjelaskan, tujuan dari sensus penduduk berbasis online ini di antaranya sebagai optimalisasi teknologi informasi. Sehingga literasi masyarakat terhadap teknologi informasi semakin baik. Selain itu, untuk menumbuhkan budaya cinta data atau menumbukan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data penduduk.

”Nah, itu dimulai dari (data) informasi pribadi masyarakat,” imbuh  Parjan. Dari data yang diisi itu, nantinya bermuara untuk klasifikasi, jumlah komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Semua itu, Parjan melanjutkan, dilakukan untuk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Dengan sensus penduduk berbasis online, juga akan memudahkan masyarakat yang memiliki kesibukan khusus. Semisal, orang yang setiap harinya bekerja. ”Dan yang pasti, data (masyarakat yang masuk) dijamin kerahasiaannya,” ungkap pria asal Malang itu. Parjan menjelaskan, cara untuk ikut partisipasi sensus ini juga mudah.

Masyarakat hanya perlu membuka aplikasi browser internet di laman resmi sensusbps.go.id. ”Kemudian tinggal mengisi keterangan kependudukan dan perumahan yang dipertanyakan,” terang Parjan. Dia menambahkan, warga juga perlu mengunduh bukti partisipasi pada sensus penduduk berbasis online pada tampilan halaman akhir.

Parjan juga berharap, masyarakat benar-benar menggunakan kesempatan sensus penduduk online tersebut. ”Pastikan anda tercatat dalam terobosan baru dalam pelaksanaan sensus penduduk 2020,” imbau ayah dari 3 anak itu. Untuk waktu sensus ini akan berlangsung hari ini sampai 31 Maret mendatang.

Pewarta : Ulfa Afrian
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro