Menteri Enggar: Penyuap Izin Impor Ialah Orang Bodoh

Menteri Enggar: Penyuap Izin Impor Ialah Orang Bodoh - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita geram dengan munculnya kasus dugaan suap terkait impor bawang putih. Enggar, sapaan Enggartiasto Lukita menyebutkan, terduga pelaku penyuapan terkait Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih yang ditangkap KPK, sebagai orang bodoh.

“Bodoh saja, tuh, pengusaha pakai menyogok segala untuk izin. Sejauh dia (importir) ikutin semua proses, enggak perlu aneh-aneh menyuap,” ucap Enggar di Jakarta, Jumat (9/8).

Enggar menjelaskan, izin mendapatkan impor bawang putih, melibatkan dua kementerian. Di mana izin memperoleh impor itu, dilakukan dengan transparan.

Karena itu, dia kesal masih ada pengusaha nakal untuk mendapatkan izin impor bawang putih. Padahal, bagi pengusaha nakal, sanksi tegas diterapkan.



Bahkan, kata dia, beberapa pengusaha nakal sebelumnya, telah diproses hukum hingga ke pengadilan.

BACA JUGA: Semalam Bu Mega Sudah Mengingatkan, Ternyata Ada Kader PDIP Terjaring OTT KPK

“Contohnya, ada yang terkena kasus impor di Bareskrim. Sampai sekarang saya enggak kasih izin, dia mau minta izin, sudah ada rekomendasi, tetap saya bilang tidak,” tegas dia.

Enggar menerangkan, kebutuhan bawang putih Indonesia per tahun sekitar 490 ribu ton. Kemudian pada 2018, RIPH keluar 938 ribu ton.