Mental Terbukti Sehat, 145 Anggota Polres Batu Resmi Bebas Pinjam Pakai Senpi

KOTA BATU – 128 Anggota Polres Kota Batu mengikuti Psikotest di Balejestro Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kamis siang (13/2). Psikotes tersebut merupakan agenda tahunan untuk melihat kelayakan anggota kepolisian jika memiliki hak pinjam pakai senpi (senjata api) dinas sehingga untuk mencegah adanya penyalahgunaan penggunaan.

“Yang mengikuti tadi ada 128 personel. 38 perwira dan sisanya 90 anggota,” ungkap Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama. Ia juga mengungkapkan dengan adanya psikotest tersebut maka Polres Batu resmi memiliki 145 anggota yang berhak menggunakan senpi dinas.

Sementara itu, Ketua Tim Psikologi SDM Polda Jatim Kompol Hery Dian mengungkapkan bahwa tidak semua anggota kepolisian yang memiliki kewajiban untuk mengikuti psikotes tersebut. Ia mengungkapkan setidaknya anggota harus memiliki pangkat Brigpol atau mendapatkan tugas khusus pada pimpinannya.

“Yang sudah lolos nantibakan mendapatkan surat izin. Masa berlaku suratnya 1 tahun,” papar Hery. Sedangkan untuk anggota yang telah memiliki surat izin dan habis masa berlakunya maka anggota tersebut hanya diwajibkan untuk memperpanjang surat izin tersebut.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : istimewa
Penyunting: Fia