Menjajal Surga Wisata di Bumiaji

PUNTEN – Pemerintah Kecamatan Bumiaji rupanya sedang giat-giatnya mendorong jajaran desa untuk mengembangkan paket wisata. Kemarin (11/12) dengan mengundang berbagai media online dan offline serta para perwakilan biro tour and travel mengajak untuk menjajal berbagai destinasi wisata yang ada di Bumiaji.

Kasi Pembangunan Kecamatan Bumiaji M Hartoto menjelaskan adanya kegiatan acara ini dalam bentuk percobaan pengembangan paket destinasi desa wisata di Bumiaji. ”Sejak tahun 2019 lalu, Pemerintah Kecamatan Bumiaji bersama jajaran pemerintah desa mencoba mencari potensi wisata yang ada.

Dalam pengembangannya juga dilakukan berbagai kajian yang melibatkan berbagai pihak. Seperti Pokdarwis, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), kemudian Karang Taruna Desa, ibu-ibu PKK, pelaku usaha ekonomi, akademisi, dan media,” jelasnya.

Toto–sapaan akrabnya menjelaskan saat ini ada 9 desa di wilayah Bumiaji yang memiliki potensi wisata. ”Paket wisata ini dinamakan Trip Bumiaji Asyik. Karena Bumiaji terletak di lereng Pegunungan Arjuno.

Di sana ada wisata edukasi seperti di Desa Gunungsari, ada wisata petik mawar dan merangkai bunga, kemudian juga ada wisata perah susu dan Gua Pandawa. Selain itu, di Desa Tulungrejo ada wisata petik apel, dll,” katanya.

Diharapkan setiap desa di Bumiaji ini dapat menyertakan modal ke BUMDesnya masing-masing dari dana desa atau ADD untuk meningkatkan kapasitas wisata di wilayahnya. Dari situ nantinya setiap desa diharapkan dapat memaksimalkan pendapatan desa yang diperolehnya,” katanya.

Harapannya juga dengan adanya pengembangan paket wisata ini, setiap desa di Bumiaji memiliki icon yang bisa menjadi jujukan destinasi wisata. ”Saat ini wisatawan yang ikut trip Bumiaji Asyik per minggunya rata-rata masih sekitar 50 sampai 100 orang. Ke depannya diharapkan dapat tambah banyak,” katanya.

Pewarta : Nugraha
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro