Mengunjungi Goa Maria Lourdes, Tempat “Umrah” Umat Katolik (2)

Perut Goa Simpan Sumber Air Suci, Daya tarik GML (Goa Maria Lourdes) tak hanya jadi pusat peribatan yg asri, tapi peziarah ingin dapat berkah air suci.

Daya tarik GML (Goa Maria Lourdes) tak hanya jadi pusat peribatan yg asri, tapi peziarah ingin dapat berkah air suci. Tak heran, mayoritas peziarah datang ke GML dengan bawa jerigen untuk ambil air suci. Air tersebut diambil dari perut goa lalu difilter dengan saringan khusus sehingga air tersebut layak minum tanpa rebus.

Ada 12 pancuran air di sekitar goa. Kenapa 12? Ini simbol 12 rasul Yesus ketika masih mengajar dan berkarya di dunia. Banyak orang yg merasa dapat kesegaran jasmani dan ruhani setelah minum air dari goa.

“Tenang dan nyaman rasanya setelah minum air dari goa,” sebut Sandy, salah satu pengunjung.

Memang, belum pernah ada penelitian resmi soal kandungan air. Namun, dari pengakuan banyak umat Katolik, mereka seperti terbantu dalam berdoa ke Bunda Maria.

Di perut goa, selain ada sumber air juga ada tabernakel, tempat para imam dan petugas liturgi mengadakan persiapan ibadah. Begitu sakralnya, perut goa, tidak smua orang bisa masuk. (bersambung)



Pewarta: Abdul Muntholib
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Abdul Muntholib