Mengukir Kenangan Indah Malang Beach Run

GEDANGAN– Malang Beach Run dengan titik start Pantai Ungapan (Bantur) dan finis Pantai Nganteb (Gedangan) Sabtu siang lalu (12/10), sukses digelar. Ratusan runners kolaborasi TNI-Polri serta kalangan umum memecah kesunyian Pantai Selatan sepanjang 13 kilometer.

Berlari di bawah terik matahari, tak membuat mereka kehilangan semangat. Bahkan, beberapa di antaranya sukses mengalahkan medan jalur lintas selatan (JLS) tersebut kurang dari satu jam. Padahal, waktu yang diberikan oleh panitia adalah tiga jam, dari 14.00–17.00. Harapannya, begitu tiba di garis finis, peserta langsung disambut indahnya sunset.

Ada dua kelompok dalam Malang Beach Run. Yakni, umum serta TNI-Polri. Kelompok umum dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedhantara didampingi jajaran petinggi forkopimda.

Sedangkan kelompok TNI-Polri diberangkatkan Bupati Malang H.M. Sanusi, juga didampingi para pimpinan forkopimda. Di antaranya, Komandan Korem 083 Baladhika Jaya Kol Inf Zainuddin, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, serta Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad. Tampak pula pimpinan Bank Jatim cabang Kepanjen Theresia Wiwin Ermawati.

”Kami menurunkan sekitar 600 personel dari 16 satuan, baik darat, laut, maupun udara. Plus satu peleton pasukan dari Polri,” ungkap Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad. ”Partisipasi ini membuktikan bahwa TNI-Polri terlibat aktif, termasuk dalam mengamankan kawasan pariwisata di Kabupaten Malang,” sambungnya.

Kadisparbud Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedhantara menjelaskan, Malang Beach Run merupakan bagian dari Malang Beach Festival (MBF) 3 tahun 2019. Rangkaian MBF sendiri telah berlangsung cukup lama.

”Tahun depan, mudah-mudahan Malang Beach Run lebih baik. Meninggalkan kenangan indah, berlari di pinggir pantai,” ujarnya. ”Ajang ini sekaligus menunjukkan bahwa destinasi Kabupaten Malang luar biasa. Kami punya gunung dan laut. Mari bergerak bersama mengenalkan pariwisata,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Malang H.M. Sanusi menambahkan, Malang Beach Festival adalah salah satu alternatif wisata di kabupaten  yang dibungkus dalam aksi (event).

MBF sekaligus panggung untuk memeriahkan HUT ke-1.259 Kabupaten Malang tahun ini. ”Jadi, pariwisata tidak hanya menyajikan keindahan. Tapi, juga kemasan yang menarik,” kata  dia. ”Dan Malang Beach Run menjadi ajang promosi pariwisata ke depan,” tukas Sanusi.

Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Nenny Fitrin