Mengintip TWUIN, Command Center PDAM Kota Malang yang Mirip Markas Avengers

KOTA MALANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang sudah memiliki command center terintegrasi yang mendukung kerja harian para petugas di kantor pusat Kota Malang. Command center tersebut dinamakan TWUIN atau Total Water Utility Intergrated Network. Manajemen Jawa Pos Radar Malang berkesempatan mengunjungi langsung ruangan TWUIN yang mirip markas Avanger tersebut Jumat, (10/5) siang tadi.

“TWUIN ini dijalankan sejak Desember 2018, 8 programer kami yang mendevelop sendiri dan membuat semua kebutuhan aplikasi di sini,” ujar Gigih Yuli, Supervisor Water Balance TWUIN PDAM Kota Malang.

TWUIN Command Center ini juga dibuka 24 jam non stop. Selain TWUIN, PDAM Kota Malang juga membuka call center yang menerima complain hingga pukul 10 malam.

“Kita juga menerima komplain dari sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Kebanyakan sekarang banyak yang komplain lewat sosial media,” ujar Gigih.



Command Center akan berintegrasi dengan Call Center untuk menjawab dan meneruskan kepada pelanggan PDAM. Tim terdiri dari 2 orang bekerja selama 24 jam terbagi menjadi 3 shift.

TWUIN ini bisa memonitoring level tandon di semua seksi di daerah di Kota Malang. Dengan indikasi warna biru berarti normal level airnya. Jika merah maka ada pipa yang rusak atau bocor.

“Atau bisa juga merah berarti air yang keluar kecil atau mati,” sebut M Nor Muhlas, Direktur Utama PDAM Kota Malang yang ikut menyambut jajaran pimpinan Jawa Pos Radar Malan.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido