Mengintip Tulungrejo, Desa Tanpa Minimarket di Kota Batu

KOTA BATU – Desa Tulungrejo kecamatan Bumiaji yang merupakan salah satu daerah sentra apel dan destinasi wisata di Kota Batu hingga saat ini menolak adanya toko retail modern di Kota Batu. Hal ini merupakan salah satu usaha dalam perlindungan bagi pelaku usaha lokal yang menjadi prioritas utama Pemdes Tulungrejo bisa terus berkarya ke depannya.

“Sudah kami buatkan Perdes (Perdes) dan ini sudah dilakukan sejak masa jabatan Kepala Desa tahun 2013 – 2019,” terang Suliyono Kepala Desa Tulungrejo. Ia juga mengungkapkan bahwa kebijakan yang dibuatnya terbukti mampu meningkatkan perekonomian wargan mengingat Desa Tulungrejo memiliki banyak potensi wisata, pertanian, dan produk olahannya.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa perkembangan toko retail di Kota Batu sudah banyak menjamur sehingga UMKM di beberapa desa banyak uang tersendat. Oleh sebab itu ia tidak ingin hal tersebut terjadi di kawasan Tulungrejo karena jika diizinkan, maka toko-toko kelontong juga akan mati perekonomiannya.

“Kalau pengajuan izin mendirikan, itu sudah banyak. Namun tetap kami tolak karena komitmen antara Pemdes dan masyarakat sangat kuat,” imbuhnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Ilustrasi
Penyunting: Fia