Mengintip Persiapan Imlek di Klenteng Eng An Kiong

KOTA MALANG – Klenteng Eng An Kiong hari ini (24/1) dipercantik untuk menyambut tahun baru Cina besok (25/1). Berdasarkan pantauan radarmalang.id, siang ini terlihat banyak pekerja dan muda-mudi. Kondisi ini lebih ramai dari biasanya.

Di bagian depan nampak pekerja membersihkan Swan Lo (Ceng Lo). Yakni tempat membakar dupa serbuk, wewangian yang terbuat dari serbuk kayu atau kayu cendana. Pekerja itu terlihat mengelap dan memperbaiki paku-pakunya.

Sedikit bergeser, nampak lilin berukuran besar dan tinggi lebih dari 1,5 meter berjejeran. Lilin-lilin itu milik umat konghucu yang akan digunakan untuk sembahyang Imlek besok. Masing-masing lilin telah dipasangi tulisan nama pemiliknya.

Di samping kanan kiri pintu masuk terlihat para pekerja di klenteng memoles patung singa. Ya singa adalah simbol kejayaan. Patung berwarna emas itu nampak dilap menggunakan kain oleh 3 orang pekerja.

Masuk di bagian tempat peribadahan, telah tersusun rapi beragam sesajen. Mulai dari buah, dupa, kertas emas, sampai lampu minyak. Warna kertas keemasan itu bergambar Dewa Hok (Cai Shen; Dewa rezeki), Lok (Shi Shen; Dewa keturunan & kebahagiaan), Siu (Shou Shen; Dewa panjang umur).

Sementara di halaman Klenteng Eng An Kiong tadi siang terlihat muda-mudi berbaju merah datang. Mereka adalah grup barongsai yang akan memeriahkan imlek besok. Show barongsai itu akan diadakan besok mulai pukul 07.30 WIB.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia