Mengetahui Manfaat Kopi Asli Indonesia

Mengetahui Manfaat Kopi Asli Indonesia

Ada beberapa penyakit yang diklaim bisa sembuh hanya dengan meminum kopi. Salah satunya pusing, maag dan beberapa penyakit yang lainnya, termasuk bisa untuk menurunkan berat badan. 

Hal ini seperti yang disampaikan oleh salah seorang barista yang juga pemilik kedai kopi Zaltan Coffe, Yusuf Ikhwani kepada JawaPos.com, Rabu (31/1). 

Saat ditemui di sela-sela kegiatan menyeduh kopi di Stasiun Balapan Solo, Yusuf mengatakan, bahwa kopi mempunyai berbagai jenis. Untuk kali ini dirinya konsen dengan jenis kopi dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Di daerah ini ada beberapa jenis kopi. Diantaranya robusta, arabika, ekselsa dan juga liberika.

“Dari setiap jenis kopi tersebut mempunyai karakter yang berbeda-beda. Kalau soal kesukaan tergantung masing-masing,” terangnya. 

Yusuf yang juga merupakan petani kopi itu mengatakan, untuk karakter kopi robusta cenderung pahit. Untuk kopi jenis ini dipercaya bisa menyembuhkan sakit kepala atau pusing.



“Sudah banyak yang membuktikannya,” katanya. Kemudian untuk jenis arabika mempunyai rasa yang cenderung agak kecut dan masam. Sehingga, bagi yang mempunyai riwayat sakit maag disarankan untuk menambahkan sedikit gula. Kemudian untuk jenis ekselsa ada keunikan rasanya yakni beraroma seperti nangka. 

Sedangkan untuk liberika rasanya hampir mirip dengan ekselsa. “Kalau bagi orang awam mungkin agak kesulitan untuk membedakannya,” ucapnya.

Yusuf menyarankan, untuk para pecinta kopi agar saat meminum kopi tetap melihat kondisi tubuh. Misalkan saat hipertensi sebaiknya tidak meminum kopi terlebih dahulu.

Selain Yusuf, ada juga Heri Purwanto, 35. Barista dari Agave Coffe itu menjelaskan, selama ini masih banyak orang yang belum begitu paham mengenai kopi, terutama dalam hal menyeduhnya. 

Padahal, dengan cara menyeduh kopi yang benar bisa membuat rasa kopi lebih nikmat. “Kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kopi. Karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kopi terasa nikmat,” terangnya. 

Sementara itu, Heri juga menyambut baik dengan adanya gelaran ini. Menurutnya, hal ini bisa semakin meningkatkan produktifitas kedai-kedai kopi yang ada di Indonesia.


(apl/JPC)