Mengenang Erupsi Merapi Lewat Museum Sisa Hartaku

YOGYAKARTA – Berdebu namun menyimpan banyak cerita. Itulah kesan yang tertangkap dari Museum Sisa Hartaku di Kepuharjo Yogyakarta.

Museum non-komersil ini menyimpan sisa barang yang rusak akibat erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010. Mulai dari gelas, jam, hingga dispenser dipajang di bangunan rumah yang sudah lusuh tak lagi berpintu dan berjendela.

Ya, Museum ini menurut keterangan salah satu guide merupakan bekas rumah penduduk yang terdampak erupsi. Pemilik rumah mengumpulkan barang-barang sisa erupsi untuk dijadikan kenangan dan bahan pelajaran hidup. Berikut beberapa potret barang-barang itu!

1.Fosil Sapi


Begitu masuk museum, pengunjung akan disuguhi pemandangan kerangka sapi. Ini menunjukkan bahwa, dulunya, di kawasan pemukiman tersebut banyak warganya yang memelihara sapi.



2. Jam Dinding

Penampakan yang mengerikan juga terlihat pada jam dinding berukuran besar yang kacanya sudah meleleh. Di atas jam tersebut tertulis ‘the moment time of eruption, 5 Nov 2010’.

3. Sepeda Motor

Lava dan awan panas yang membabi buta ternyata juga mampu menghancurkan sepeda motor. Saking panasnya, besi-besi itu penyok membentuk lekukan yang abstrak.

4. Peralatan Dapur

Saking panasnya awan yang bersuhu hingga 1000° celcius, peralatan dapur seperti dispenser, gelas, hingga ember pun meleleh. Seperti es krim.

5. Sampel Abu

Di ruang tengah, Anda akan menemukan etalase dengan 6 toples kaca. Masing-masing toples berisi abu erupsi dari waktu ke waktu tiap Gunung Merapi batuk. Di antaranya abu pada tanggal 22 Juli 2013 dan 13 Februari 2014.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Editor : Indra M