Mengenal Sosok Dubes Jepang yang Bersahabat dan Suka Kuliner Indonesia

JawaPos.com – Lucu dan menggemaskan, setidaknya itulah reaksi netizen setiap kali melihat atau berkomentar pada akun Instagram Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi. Respons itu diungkapkan warganet pada tiap unggahan foto sang Dubes saat makan siang. Bukan hanya menunya yang beragam, akan tetapi pose gayanya juga unik serta jenaka. Dari ekspresi wajahnya, warganet menyebut Dubes Ishii sebagai sosok yang bersahabat.

Pose-pose uniknya sangat ekspresif. Seperti gaya makannya saat mengaduk makanan, berpose dengan properti bola dan ekspresi perut kenyang, atau menunjuk peta dari mana makanan itu berasal. Semua ekspresi itu mengundang reaksi netizen yang merasa ikutan lapar, atau hanya sekadar memuji gaya makan Pak Dubes.

Berkenalan secara langsung, JawaPos.com baru-baru ini berusaha menggali kebiasaan makan siang yang unik dari Dubes Iishii. Dan benar saja, sosoknya begitu bersahaja, ramah, dan bersahabat. Dubes Ishii membagi ceritanya tentang kegemarannya pada kuliner Indonesia. Menelusuri akun Instagram miliknya, rasanya hampir semua kuliner Indonesia sudah disantapnya.

Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi saat wawancara khusus bersama JawaPos.com di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (28/5/2019). Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi, menjadi viral lantaran gayanya yang nyeleneh saat ‘pamer’ makanan Indonesia. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Dari mulai Laksa Betawi, Sayur Asem dan Nasi Bakar Cakalang, Gudeg, Soto Madura, Sate Kambing, Soto Padang, Nasi Liwet, Nasi Ayam Betutu, Nasi Bogana, Nasi Kuning Campur, Kwetiau Goreng Sapi, Sop Ikan Nila Sayur Asin dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, pose lucu dengan senyuman renyah dari sang Dubes, membuat netizen jatuh cinta kepadanya.



Lalu sejak kapan sih Dubes Ishii mulai melakukan kebiasaan itu? Rupanya semua itu dimulai dari momen santai dan biasa saja. Berawal saat Oktober 2018, ketika Dubes Ishii mengunggah menu makan siangnya. Ketika itu, dia menyantap Nasi Gandul khas Jawa Tengah. Pose Dubes Ishii ketika itu juga masih biasa, disertai konsep pose Before And After makan siang.

“Awalnya, asal usulnya karena saya senang masakan Indonesia. Awalnya kasual saja, santai saja. Saya kepikiran, mungkin menarik juga kalau saya mengunggah foto lunch saya. Saat itu reaksi warganet masih biasa saja,” kata Dubes Ishii tersenyum.

Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi saat wawancara khusus bersama JawaPos.com di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (28/5/2019). Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi, menjadi viral lantaran gayanya yang nyeleneh saat ‘pamer’ makanan Indonesia. Ishii Masafumi gemar mengunggah foto-foto dirinya saat menikmati berbagai makanan Indonesia melalui akun Instagram @jpnambsindonesia. Foto: Dery Ridwansah/ Jawa Pos.

Hingga pada suatu ketika seiring berjalannya waktu, betapa terkejutnya dia ketika kebiasaan itu dilakukan secara rutin dan konsisten dengan gaya unik membuat jumlah pengikut (followernya) terus bertambah. Kini sudah menembus 30 ribu bahkan hampir 40 ribu follower.

“Dan saya sendiri terkejut karena pada suatu saat akun Instagram saya menjadi sangat populer. Mungkin kalau saya berpikir, saat ini semakin diperkuat dengan hubungan bilateral Jepang dan Indonesia yang sangat baik. Untuk di masa datang saya kira kebiasaan ini baik dan bisa menjangkau generasi muda. Saya bersyukur hal itu direspon baik,” ungkapnya.

Alasan Dubes Ishii Suka Kuliner Indonesia

Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi saat wawancara khusus bersama JawaPos.com di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (28/5/2019). Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi, menjadi viral lantaran gayanya yang nyeleneh saat ‘pamer’ makanan Indonesia. (Dok Instagram @jpnambsindonesia)

Menurut Dubes Ishii, keunikan dan keberagaman Indonesia tercermin dalam menu masakan atau kuliner. Beragam daerah punya menu. Sama halnya dengan batik. Beragam daerah punya batik dengan ciri khas yang berbeda. Itu sebabnya, Dubes Ishii juga mengunggah foto kebiasaan makan siangnya sambil memakai batik di ruang kerja. Saat pertama kali mengunggah foto makan menu Nasi Gandul, kala itu sang Dubes mengenakan batik berwarna biru hitam dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Indonesia itu keunikannya, keberagaman budaya, banyak budaya beda-beda tercermin dari makanan. Dan hal itu bisa dilihat dari keberagaman batik juga. Tapi menurut saya mungkin variasinya lebih beragam dalam makanan. Dan semua orang makan siang kan, kecuali Ramadan. Maka dengan mengunggah menu makan siang, itu sangat akrab dan kegiatan sehari-hari bagi masyarakat,” jelas Dubes Ishii.

Itulah sebabnya, netizen lebih responsif berceloteh ketika Dubes Ishii mengunggah foto kuliner dibandingkan batik. Jempol netizen juga tak tahan mengklik tombol hati atau Like di akun Instagram Dubes Iishi.

“Makanya saya merasa, saya kira topik makanan itu sangat sehari-hari bagi semua orang. Dan di akun Instagram saya, ada seri batik juga. Tapi seri makan siang jauh lebih populer ketimbang batik,” katanya tertawa.

Kepincut Nasi Padang

Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi saat wawancara khusus bersama JawaPos.com di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (28/5/2019). Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi, menjadi viral lantaran gayanya yang nyeleneh saat ‘pamer’ makanan Indonesia. (Dok Instagram @jpnambsindonesia)

Dubes Ishii berpikir sejenak ketika ditanya lebih suka masakan Jepang atau masakan Indonesia. Sebab kecintaannya terhadap kuliner Indonesia sudah dilakukannya hampir setiap hari pada menu makan siangnya. Meskipun, menu masakan Jepang juga tetap dihadirkan sebagai menu andalan di kediamannya.

“Menurut saya, kalau pada cuaca atau iklim Indonesia, makanan Indonesia lebih cocok. Jadi saya sangat suka sekali masakan Indonesia. Kalau dalam rangka kerja di kediaman saya, banyak disajikan masakan Jepang. Maka kalau tak ada kerjaan di kediaman saya, saya memilih masakan Indonesia,” jelasnya.

Ternyata kecintaannya terhadap kuliner Indonesia itu, sudah berlangsung lama. Sudah sejak 20 tahun lalu. Ketika itu, Dubes Ishii masih berkantor di Tokyo namun sering berdinas di Indonesia. Saat di Tokyo, dia mencicipi berbagai masakan yang populer saja seperti sate, mi goreng, dan nasi goreng. Hingga pada suatu ketika, Dubes Ishii akhirnya jatuh cinta pada rasa masakan Padang.

Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi saat wawancara khusus bersama JawaPos.com di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (28/5/2019). Duta besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi, menjadi viral lantaran gayanya yang nyeleneh saat ‘pamer’ makanan Indonesia. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

“Sebelum saya menjabat sebagai Dubes, sempat mengeksplor masakan Indonesia memang belum sesering sekarang. Jadi kurang lebih 20 tahun lalu, saya kerja di kantor di Tokyo dan sering berdinas di Indonesia. Waktu itu saya eksplor masakan Indonesia, bertemu dengan masakan Padang. Sejak saat itu, saya suka masakan Padang. Jadi kalau saya ada dinas di Indonesia dengan jadwal yang mepet, masakan Pdang sangat simple dan cepat,” tutup Dubes Ishii tertawa. (Bersambung).