Mengenal Si Abang, Situs Resmi Penyimpan Data Dinas Perhubungan

JawaPos.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang meluncurkan situs resmi penyimpan data seluruh perusahaan angkutan barang yang berdomisili di Kota Semarang. Dinamai Si Abang, atau Sistem Informasi Angkutan Barang, website ini mengarsipkan secara online dan up to date.

Kasi Angkutan Barang, Khusus dan Hewan Dishub Kota Semarang Andreas Catur Ady menerangkan, data tersebut meliputi profil perusahaan, jumlah armada. Macam truk trailer, engkel, dump, tronton yang terpakai maupun tidak dan masa berlaku KIR.

“Selama ini untuk akses informasi mengenai database angkutan barang umum di Kota Semarang masih dilakukan secara manual, sekarang harapan kami adalah dapat tersedianya data yang akuntabel dan informatif secara online,” ujarnya usai peluncuran Si Abang di Kantor Dishub Kota Semarang, Kamis (15/11).

Latar belakang diluncurkannya situs ini, menurut Catur adalah sulitnya memonitor pengelolaan rekomendasi izin angkutan barang umum dan mengkomunikasikan bahwa masa berlaku sudah harus diperpanjang. “Serta memang belum adanya sistem untuk mempermudah pelayanan rekomendasi izin tersebut,” sambungnya.

Dalam hal ini, Dishub turut menggandeng DPC Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) Tanjung Emas, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Semarang dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang. Yang berfungsi sebagai sumber data.

“Sistem ini juga bisa memberikan manfaat bagi DPM PTSP yang mana dapat mempercepat dalam mengeluarkan izin usaha angkutan barang umum,” tegasnya.

Sistem informasi angkutan barang tersebut bisa diakses melalui browser melalui alamat www.siabang.dishub.semarangkota.go.id. Halaman awal berisikan info dan kedua mencantumkan daftar angkutan barang.

Para perusahaan penyedia angkutan barang nantinya dapat memperbaharui data yang dimiliki dengan akun masing-masing. Disematkan pula pada situs Si Abang, sebuah kolom tanya jawab sebagai tempat bagi memberikan masukan atau saran terkait pelayanan.

(gul/JPC)