Mengenal Ragam Kurma dari Khasiat dan Kandungan Gulanya | JawaPos.com

Mengenal Ragam Kurma dari Khasiat dan Kandungan Gulanya | JawaPos.com

JawaPos.com – Kurma merupakan buah khas dari negara Timur Tengah, salah satunya Arab Saudi. Kurma ternyata memiliki beragam jenis, bahkan aslinya lebih dari 400 jenis. Berbagai jenis kurma itu dibedakan berdasarkan kandungan gulanya dan jenis pohon, serta dataran tinggi tempat pohon kurma itu ditanam.

Jika ingin mencicipi kurma dan mengenal ragam jenis kurma tersebut, cukup mampir ke kampung Arab Saudi di Saudi House yang dibuka di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta. Ajang festival kebudayaan itu digelar menyambut perhelatan Asian Games 2018 mulai tanggal 19-22 Agustus dan 24-28 Agustus.

“Kami menyediakan beragam kurma bagi pengunjung yang hadir untuk lebih mengenal lagi ragam dan jenisnya terutama bagi kesehatan,” kata Perwakilan dari Saudi House, Moudhi bint Al Sudairy kepada wartawan, Selasa (21/8).

Berbagai jenis kurma dari Arab Saudi di Saudi House, festival kebudayaan menyambut Asian Games 2018. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Berbuka puasa yang paling baik sesuai ajaran sunah Rasul adalah dengan minum air putih dan makan tiga butir kurma. Buah kurma mengandung karbohidrat sederhana, kaya serat serta tinggi magnesium dan kalium.

Buah kurma tidak hanya baik dikonsumsi saat berbuka, tetapi baik pula dikonsumsi saat sahur. Kurma mengandung karbohidrat sedernana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kandungan itu membuat kurma memberikan energi tubuh dalam waktu singkat.

Fruktosa juga tidak membutuhkan insulin, sehingga langsung dapat masuk dalam sel tubuh. Kandungan kalium kurma yang tinggi akan membantu menahan air tubuh sehingga membuat seseorang tidak cepat dahaga.

“Kurma tersebut memiliki kandungan yang berbeda, baik dari sukrosa, fruktosa, dan glukosanya. Ada yang tak terlalu manis dan sangat manis,” jelasnya.

Ternyata kurma yang paling manis bernama kurma Sukari. Kandungan glukosanya paling tinggi. Dan kurma itu paling manis dan paling laris dibeli. Harganya juga cukup mahal yakni per 1 kilogram yaitu 100 riyal atau Rp 300 ribu.

Ada juga beberapa kurma yang paling aman bagi penderita diabetes. Yaitu kurma Ruthana, dengan kandungan glukosa yang sangat rendah. Tak hanya dimakan langsung, ternyata kurma di Arab Saudi bisa digunakan untuk menjadi olahan madu, tepung, selai, dan makanan unggas. Pohonnya pun bisa digunakan untuk berbagai perkakas rumah tangga.

(ika/JPC)