Mengenal Konflik Israel-Palestina, Biang Kegaduhan Dunia

Mengenal Konflik Israel-Palestina, Biang Kegaduhan Dunia - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE – Rasanya hampir tidak ada manusia di bumi ini yang tak tahu kalau Israel dan Palestina bermusuhan. Hampir setiap tahun dunia dibikin gaduh oleh urusan dua bangsa itu.

Meski begitu, saking rumit dan banyaknya kepentingan yang terlibat, sulit untuk melihat konflik tersebut secara jernih. Yang jelas, sudah sangat banyak orang menderita karenanya.

Berikut ini beberapa fakta mendasar terkait konflik yang sudah berlangsung selama 70 tahun tersebut:

 



Sejak kapan konflik Israel dan Palestina berlangsung?

Isu wilayah di kawasan yang lantas dikenal sebagai Israel dan Palestina itu sudah ada sejak lama. Tapi, konflik yang berlangsung sampai sekarang tersebut muncul sejak perang sipil Palestina pada 1947–1948. Tepatnya setelah PBB menerbitkan resolusi 29 November 1947.

Dalam resolusi tersebut tertulis bahwa wilayah yang direbut Inggris dari Ottoman Turki itu bakal dibagi dua. Setelah mandat Inggris di kawasan tersebut berakhir pada 14 Mei 1948, Israel lantas mendeklarasikan kemerdekaannya. Palestina yang didukung negara-negara Arab berang dan lahirlah Perang Arab-Israel pada 1948.

Konflik itu kian berkobar pasca Pertempuran Enam Hari pada 1967. Sebab, Israel melanggar ketentuan PBB soal pembagian wilayah. Sampai sekarang, Israel terus mencaplok wilayah Palestina lewat metode pemekaran wilayah permukiman Yahudi di Jerusalem Timur.

Sumber : Jawa Pos

Source link