Mengenal Blantix, Aplikasi Jual Beli Ternak Bikinan Mahasiswa Unikama

MALANG – Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) buat gebrakan bagi para peternak. Lewat aplikasi Blantix, penjual maupun pembeli kini bakal lebih mudah bertemu lewat aplikasi virtual yang bisa diunduh di smartphone.

“Untuk persiapan dari startup kita sudah sejak sebulan yang lalu. Kita mulai kembangkan di Januari,” tukas Armando Gianfrancho Orlando Nguru, Mahasiswa Prodi Matematika Unikama.

Armando tak sendiri. Ia menggandeng dua rekannya lain yakni Meldiana Ayu dari Pendidikan Bahasa Inggris dan Ricky Ardiansyah dari Sistem Informasi Unikama.

“Startup kita bernama Blantix. Startup yang memudahkan peternak dalam menjual ternaknya (sapi dan kambing) melalui aplikasi dan website. Kita berasal dari tiga prodi berbeda yang tiap orang punya perannya sendiri-sendiri,” lanjut pria asal luar Jawa ini.

Lewat Blantix, Orlan dan tim ingin memudahkan peternak dalam menemukan pasar penjualan ternak mereka ataupun memudahkan penjual bertemu langsung dengan pembeli ataupun customer.

“Lewat Blantix ini juga kita berhasil menang ajang Entrepreneur Festival II Business Model Canvas (BMC) di Politeknik Negeri Ujung Pandang, Makassar awal bulan lalj. Tim Blantix menang juara 4 dari 10 finalis seluruh Indonesia,” tutupnya.

Ke depan, Blantix bakal terus dikembangkan oleh ketiganya. Terdekat, aplikasi buatan mereka juga bakal diikutkan BMC (Business Model Canvas) Competition lain yang ada di Indonesia. Mereka turut berharap mampu berkontribusi dalam perekonomian Indonesia di bidang peternakan.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Dok. Pribadi
Penyunting: Fia