Mengapa Sekarang Petani Jamur Untung Besar? Ini Penyebabnya

Musim hujan yang masih berlangsung hingga saat ini mendatangkan berkah bagi para petani jamur. Hasil panen yang bisa dipetik menjadi berlipat, hampir 50 persen dibandingkan saat musim kemarau.

PANEN: Ismail tengah memeriksa jamur yang siap dipanen di rumah jamur miliknya.

Musim hujan yang masih berlangsung hingga saat ini mendatangkan berkah bagi para petani jamur. Hasil panen yang bisa dipetik menjadi berlipat, hampir 50 persen dibandingkan saat musim kemarau. Selain mudah berkembang, tanaman jamur tidak perlu perawatan ekstra.

Seperti yang dirasakan Ismail, 50, petani jamur di Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen. Sejak Januari lalu, hasil panen jamur miliknya sangat bagus. ”Hasil panen jamur selalu banyak saat musim hujan akan beralih ke kemarau,” kata dia. Kelembapan yang tinggi membuat jamur lebih cepat tumbuh. Di samping itu, perawatannya juga lebih mudah.

Harga jamur sekarang juga cukup bagus, per kilogram bisa mencapai Rp 10 ribu. Jika bisa panen maksimal 1 kuintal, sehari bisa mendapatkan penghasilan Rp 1 juta. ”Kalau sudah mulai tumbuh tunas sampai bisa dipanen, tiga hari sekali,” tambahnya. Dan, masa panen maksimal bisa sampai 5 kali. ”Kalau masa pertumbuhannya, mulai pertama sampai bisa panen sekitar 2 bulan,” tutup dia.

Pewarta: Aris Dwi Kuncoro
Penyunting: Achmad Yani
Fotografer: Falahi Mubarok