Mengapa Masyarakat Kota Lebih Rentan Terkena Diabetes?

7 Makanan Enak Ini Aman Untuk Penderita Diabetes - JPNN.com

jpnn.com – Peringatan hari diabetes sesungguhnya mengingatkan kembali mengenai bahaya penyakit diabetes dan pentingnya menjaga kesehatan agar tidak mengalaminya di kemudian hari. 

Diabetes adalah penyakit metabolik yang sering hadir tanpa disadari dan sangat sering menyebabkan komplikasi.

Berdasarkan Federasi Diabetes Internasional tahun 2017, sebanyak 425 juta orang di seluruh dunia—hampir 9 persen penduduk dunia—mengalami diabetes.

Sementara itu, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, jumlah penyandang diabetes di Indonesia juga meningkat menjadi 8,5 persen dari yang sebelumnya 6,9 persen di tahun 2013.

Penyebab masyarakat kota rentan diabetes

Diabetes bisa terjadi akibat faktor keturunan. Keadaan ini biasanya terjadi pada kasus diabetes tipe 1, yang umumnya dialami oleh sejak anak-anak atau usia remaja. Kendati demikian, diabetes tipe 1 terbilang cukup jarang terjadi. 

Data yang ada menyebut bahwa hampir 90 persen kasus penyakit diabetes adalah tipe 2 yang sebenarnya dapat dicegah. Sebab, diabetes tipe 2 disebabkan oleh penerapan gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi asupan tinggi gula, lemak, kalori, serta kurang olahraga. 

Ironisnya, gaya hidup tersebut banyak ditemukan pada masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan.