Mengaku Kiai, Tipu Puluhan Juta

 

Bisa meraup uang dalam jumlah banyak dengan cara instan masih saja menggiurkan bagi sebagian orang. Meski sudah memakan banyak korban, penipuan berkedok penggandaan uang juga menimpa AH, 40, warga Desa Undaan, Kecamatan Turen.

Dijanjikan uang Rp 500 juta oleh Husaini, korban kehilangan uang Rp 25 juta dan mobil sewaan jenis Toyota Avanza.

Aksi penipuan tersebut terbongkar setelah korban melapor ke polisi. Petugas pun bergerak cepat hingga bisa meringkus Husaini yang beralamat di Villa Bukit Mas, Kelurahan/Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi. Pria 45 tahun tersebut ditangkap polisi, Selasa lalu (4/7).

Modus yang digunakan Husaini untuk memperdayai korbannya terbilang konvensional. Dengan mengaku sebagai kiai, dia menyatakan bisa mengambil uang secara gaib dari bank.

”Syaratnya, korban harus menyerahkan uang mahar dan perlengkapan untuk menyedot uang secara gaib tersebut,” jelas Kanitreskrim Polsek Turen Iptu Purnomo.

Korban yang dijanjikan uang Rp 500 juta lantas menyetor uang Rp 25 juta. Tak hanya itu, korban juga menyewakan mobil Toyota Avanza untuk Husaini yang akhirnya digadaikan oleh pelaku senilai Rp 25 juta.

Pewarta: Aris Kuncoro
Penyunting: Achmad Yani
Fotografer: Aris Kuncoro