Mendikbud Siapkan 2,1 Juta Gadget untuk Pelajar

MALANG KOTA – Digitalisasi rasa-rasanya sudah merambah di hampir semua bidang. Tak terkecuali pendidikan.

Kementerian Pendidiakn dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahkan sudah menyiapkan 2,1 juta gadget untuk pelajar SD-SMA.

“Kemarin saya bilang 1,5 juta gadget, ternyata dihitung ulang bisa 2,1 juta. Pertengahan September, kami akan canangkan digitalisasi di seluruh sekolah. Kami mulai realisasi dari sekolah di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T),” kata Muhadjir usai memberi seminar di Universitas Negeri Malang, Senin (2/9).

Saat ini, ada 122 daerah di Indonesia yang masuk kategori 3T. Tapi tentu saja, gadget itu nanti hanya bisa diberikan ke daerah yang akses internetnya sudah ada.

“Saya belum tahu pasti berapa daerah 3T yang sudah ada akses internet. Tapi saya pastikan sebagian besar sudah dijamah akses internet,” sambung mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Gadget tersebut salah satu fungsinya mengarahkan pelajar untuk mengakses portal Rumah Belajar yang dibuat Kemendikbud sejak 2 tahun yang lalu. Pada laman resmi Rumah Belajar, yakni https://belajar.kemdikbud.go.id, terdapat 8 fitur utama.

Antara lain Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Fitur ini sebagian besar gratis dan sebagian berbayar.

“Gadget itu dari Kemendikbud. Kan kami ada yang namanya bantuan afirmasi dan kinerja ya. Tahun depan harapannya sudah ada anggaran khusus sehingga alokasi untuk gadget bisa 10 kali lipat atau jadi 20 juta gadget,” tambahnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Editor : Indra M