Menang, Singo Edan (Sementara) Aman

KEPANJEN – Posisi Arema FC di Liga 1 kembali setelah mengalahkan tamunya Barito Putera pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Kanjuruhan Sabtu (24/11/2018) sore dengan skor 3-1.

Klub berjuluk Singo Edan itu meroket naik empat tingkat usai meraih kemenangan tersebut. Dari sebelumnya di peringkat 12, dan kini menempati peringkat 8 klasemen sementara. Hal itu membuat anak asuh Milan Petrovic itu untuk sementara aman.

Gol-gol Arema pada laga itu dicetak oleh Sunarto menit ke-29, Makan Konate menit ke-41, dan Ahmad Nur Hardianto menit ke 89 melalui tendangan penalti. Sedangkan satu gol Barito Putera dicetak oleh Samsul Arif pada menit ke-61.

Pada awal-awal babak pertama Barito Putera tampak lebih menguasai bola. Samsul Arif dkk beberapa kali menyulitkan pertahanan Singo Edan.


Terlebih, Ricky Akbar Ohorella yang berpostur kecil yang berposisi di sayap tampak tak bisa menandingi pemain berbadan besar milik Barito Putera seperti Marcel Sacramento dan juga Douglas Packer. Beberapa kali tubuhnya mental saat body challenge dengan pemain lawan.

Singo Edan sukses membawa Arema unggul menjadi 1-0 melalui sundulan kepala dari Sunarto di menit 29.

Gol tersebut seakan buah dari hasil ketidak sengajaan. Sunarto menyundul umpan dari Nasir dan membentur tiang gawang sebelah kiri yang dikawal M Riyandi. Namun secara tidak sengaja bola itu perlahan bola menggelinding masuk melewati garis putih.

Unggul satu gol membuat Singo Edan tampak lebih semangat. Barisan pertahanan Barito pun kuwalahan menahan gempuran.

Bahkan salah satu pemain Barito Putera, Matias Cordoba terpaksa diganjar kartu kuning oleh wasit Dodi Setia pada menit ke 40.

Satu menit berselang, Arema sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui aksi individu dari Makan Konate.

Playmaker Arema itu menerima umpan dari Dendi Santoso dan langsung meliak-liuk melewati barisan pertahanan anak asuh Jacksen F Tiago. Hingga akhirnya ia selesaikan dengan mencocor bola ke gawang M Riyandi dan merobek gawang Barito untuk yang kali kedua.

Hingga jeda, skor tetap bertahan 2-0 untuk keunggulan Singo Edan.

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan semakin tinggi. Beberapa pelanggaran berbuah kartu kuning pun terjadi. Total terdapat empat kartu kuning tambahan yang dikeluarkan Doni Setia.

Penerima kartu kuning itu adalah Jayus Hariono dari Arema FC, serta Dandi Maulana, Fajar Handika, dan Marcel Sacramento dari Barito Putera.

Di babak kedua, Barito sempat mengejar ketertinggalan dan merubah kedudukan menjadi 2-1. Gol itu dicetak oleh Samsul Arif pada menit 61.

Namun semangat Samsul Arif dkk harus terbenam setelah Arema kembali memperlebar jarak gol menjadi 3-1 jelang laga berakhir.

Ahmad Nur Hardianto mencetak gol ke tiga bagi Arema FC melalui titik putih di menit 89.

Gol tersebut bertahan hingga wasit asal Jawa Barat meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Kemenangan itu mengantarkan Arema merangkak naik dari peringkat ke 12 ke peringkat 8 klasemen sementara.

Pewarta: Gigih Mazda
Foto: Bayu Eka Novanta
Penyunting : Fia