Mempersiapkan Simpanan Emas Sebelum Resesi Gobal

BERDASAR historical data harga Emas di Indonesia saat terjadi resesi ekonomi global, harga emas cenderung mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Karena itu pada tahun depan, jika resesi ekonomi global benar terjadi, maka harga Emas diperkirakan bisa melambung tinggi.

Kecemasan akan terjadinya pelambatan ekonomi global hingga potensi resesi yang dihadapi negara-negara maju telah membuat pelaku pasar mengalihkan investasinya ke aset yang aman (safe haven) seperti Emas. Hal ini membuat permintaan terhadap Emas semakin tinggi sehingga akan berdampak pada peningkatan harga Emas. Untuk itu, sebelum harga Emas melambung, sekaranglah saat yang tepat membeli emas untuk melindungi finansial agar tidak terdampak dari resesi.

Tak hanya itu, dengan mempunyai simpanan Emas kita dapat mensiasati berbagai kebutuhan di masa depan. Simpanan Emas dalam jangka panjang terbukti dapat memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan instrumen finansial lainnya. Lebih dari itu, menyimpan Emas juga dinilai lebih aman dan mudah karena kita tidak perlu pengetahuan lebih untuk mengelola simpanan Emas.

Simpanan Emas kini bisa dilakukan tidak hanya dengan cara konvensional, tapi bisa juga dilakukan dengan cara digital. Melalui simpanan Emas digital, pengguna bisa membeli Emas tanpa harus menyiapkan dana yang besar. Selain itu, simpanan Emas secara digital memberikan kemudahan karena pengguna tidak perlu repot mempersiapkan tempat penyimpanan Emas.

Salah satu platform untuk menyimpan Emas secara digital melalui aplikasi Treasury. Treasury merupakan platform yang menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk membeli dan menyimpan emas mulai dari Rp 20.000 (sebelum pajak) dan dapat mencetak minimal 0,5 gram kapan saja lewat aplikasi maupun website.

“Emas merupakan logam mulia yang memiliki kestabilan nilai jual yang baik. Namun, yang terjadi saat ini banyak masyarakat yang menyimpan tanpa mengetahui berapa jumlah simpanan emasnya secara pasti,” ungkap Narantara Sitepu selaku Head of Brand Development Treasury.

Aplikasi Treasury dibentuk dengan tujuan membantu mempermudah proses pembelian dan penyimpanan emas sehingga penggunanya dapat mengetahui secara pasti berapa nilai Emas yang dimiliki secara real time, karena cuma di Treasury harga Emas di update setiap menit. Selain itu, terdapat berbagai pilihan pembayaran yang semakin mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi.

Untuk memastikan setiap transaksi dapat berlangsung dengan aman, Treasury bekerjasama secara eksklusif dengan ICH (Indonesia Clearing House). Dari segi infrastuktur teknologi informasi, Treasury menerapkan sistem autentifikasi berlapis sehingga turut menjaga dan memastikan kerahasiaan serta keamanan transaksi penggunanya. Setiap transaksi pembelian akan langsung dikonversikan ke dalam jumlah gramasi emas yang tertera di akun Treasury pengguna.

Fitur Treasury lainnya adalah pengguna dapat memantau harga emas secara real time per menit dan nilai simpan emas yang dikumpulkan dapat diwariskan kepada anggota keluarga yang ditunjuk. Aplikasi tersebut juga memungkinkan pengguna membeli perhiasan emas secara online.

Melalui situs yang tersedia, setiap pencetakan emas batangan maupun pembelian perhiasan akan langsung dikirimkan ke alamat pengguna yang disertai dengan sertifikat keaslian juga jaminan asuransi pengiriman dari PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS).

Yuk, mulai menabung emas Treasury! Supaya kamu  dapat Emas lebih banyak.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM