Membentuk Otot hingga Kuatkan Tulang, Inilah Manfaat Bersepeda

RADARMALANGID – Bersepeda jadi olahraga favorit banyak orang. Mudah dan murah, bersepeda pun dapat dinikmati anak muda hingga kaum dewasa.

Berkeliling dengan sepeda sembari menikmati jalanan tak hanya memberi rasa senang, namun juga punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Dr. Clare Safran-Norton, terapis fisik dari Harvard-affiliated Brigham and Women’s Hospital, menjelaskan banyak manfaat fisik yang bisa didapat dari bersepeda. Dikutip dari laman Health Harvard (7/12), berikut ulasannya.

1. Aman Bagi Sendi

Jika beberapa orang menghindari olahraga karena beresiko untuk sendi, ada baiknya coba bersepeda. Beban saat mengayuh sepeda bertumpu pada tulang di panggul yang disebut sebagai ischial tuberosities, berbeda dengan saat berjalan dimana berat badan ditumpukan pada kaki. Sehingga tak menimbulkan nyeri atau rasa kaku.

2. Layaknya Latihan Aerobik

Mendorong pedal sepeda ternyata serupa dengan latihan aerobik. Bergeraknya anggota tubuh bagus untuk kesehatan jantung, otak, dan pembuluh darah. Belum lagi hormone endorfin yang ‘muncul’ saat berolahraga mampu memberi rasa bahagia.

3. Membentuk Otot

Terdapat 3 bagian otot yang ‘bekerja’ dalam satu kayuhan sepeda. Diantaranya otot gluteus pada area bokong, otot paha depan, dan otot gastrocnemius pada betis. Selain otot-otot kaki, bersepeda juga dapat melatih otot perut saat menyeimbangkan postur bersepeda dan otot lengan hingga bahu untuk mengemudikan setang.

4. Membangun Tulang

Setelah otot, tulang pun kebagian manfaat dari aktifitas bersepeda. Gerakan ‘melawan’ seperti mendorong pedal akan menarik otot, kemudian menarik tulang dan menyebabkan kepadatan organ penyokong itu meningkat.

Setelah tahu manfaatnya, anda pasti tertarik bersepeda setelah ini. Daripada mengayuh sendiri, yuk gabung Fun Bike Akhir Tahun gelaran Jawa Pos Radar Malang dan Hotel Atria Malang pada 15 Desember 2019.

Badan sehat, hati senang, plus ada sederet hadiah mulai sepeda motor hingga prize Honda Brio yang siap anda menangkan.
Segera daftarkan diri di kantor Radar Malang, Radar Batu, Radar Kanjuruhan, dan Hotel Aria Gajayana.

Yuk, kuota peserta makin menipis!

Penulis : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa