Meiga Terbaik Asia Tenggara karena Serbabisa

MALANG KOTA – Kiper Arema FC Kurnia Meiga Hermansyah dinobatkan sebagai kiper terbaik di Asia Tenggara. Namanya masuk dalam daftar Best XI dari gelaran Piala AFF 2016 lalu.
Selain Meiga, ada tiga nama pemain Indonesia lainnya yang juga masuk Best XI. Yakni, Boaz Solossa (Persipura), Stefano Lilipaly (Bali United), dan Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera). Adapun penghargaan itu diumumkan dalam sebuah seremoni di Bali Sabtu lalu (23/9).
Pelatih Arema FC Joko ”Gethuk” Susilo menyebut, Meiga memang pantas meraih penghargaan itu. Dia melihat, selama tampil, baik bersama timnas maupun Arema FC, Meiga cukup konsisten. ”Meiga memang kiper terbaik di Indonesia. Jadi, wajar jika dia mendapatkan penghargaan itu,” kata dia.
Sebagai seorang kiper, Gethuk melanjutkan, Meiga itu komplet. ”Dari postur, tubuh Meiga ideal. Lalu teknik dan taktik dia miliki semuanya,” terang pria asal Cepu ini.
Selain itu, Gethuk menyatakan, Meiga tergolong kiper serbabisa. ”Dia itu sudah universal player,” kata dia. Meiga adalah tipikal kiper modern, seperti halnya Manuel Neuer di Bayern Muenchen.
Meski posisi aslinya adalah kiper, Meiga juga bisa berperan sebagai bek ketika tim dalam kondisi diserang. ”Ketika memotong bola di depan (luar kotak penalti), dia bisa menggunakan kakinya,” ujar dia.
Lalu, Meiga juga punya kontribusi terhadap skema menyerang. ”Dia punya tendangan yang keras,” kata dia.
Sayangnya, sudah beberapa pertandingan ini Meiga absen karena sakit. Absennya Meiga juga masih berlanjut ketika tim melakoni laga lawan Perseru. ”Ya, itu di luar kuasa kita. Doakan dia cepat sembuh agar bisa bermain kembali,” kata dia. (adk/c2/muf)

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Fotografer : Doli Siregar
Editor : Indra Mufarendra