MediaTek Pamer Teaser G90, Calon Chipset Smartphone Gaming Terbaru

JawaPos.com – Tren gaming yang mulai beralih ke perangkat mobile membuat banyak vendor chipset bersiap diri. Bukan tanpa alasan, perangkat tersebut bakal menjadi otak smartphone gaming itu sendiri.

Sejumlah vendor chipset berlomba menyajikan prosesor paling andal untuk dapat memberikan pengalaman gaming mobile paling apik. Terbaru ada MediaTek yang mulai menggoda khalayak dengan chipset terbarunya yang konon khusus untuk smartphone gaming.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari GSMArena, Kamis (18/7), MediaTek memamerkan teaser soal Helio G90, calon chipset pertamanya untuk ponsel gaming. Helio G90 akan menjadi chip game berdedikasi pertama dari MediaTek.

Teaser Chipset gaming yang sedang disiapkan MediaTek dengan nama G90. (Weibo)

Poster teaser yang mengumumkan soal chip G90 telah dipamerkan di akun media sosial mereka di Tiongkok, Weibo. Namun, poster tidak memberikan banyak informasi. Pengungkapan lengkap mungkin segera hadir.



Spekulasi yang beredar menyebutkan bahwa G90 didasarkan pada Helio P90 yang memiliki CPU dengan dual core Cortex-A75 (2.2GHz) dan enam core A55 (2.0GHz). Sedangkan untuk GPU-nya Imagination PowerVR GM9446 (970MHz) yang menjanjikan peningkatan 15 persen dibandingkan Mali-G72 MP3 yang digunakan dalam Helio P70.

Apakah G90 akan menggunakan GPU yang sama? Mungkin saja. Yang jelas, MediaTek harus meningkatkan pengalaman bermain dengan mode permainan seperti yang dimiliki chip Kirin. Jika benar demikian, setidaknya harus terdapat GPU yang lebih kuat seperti ARM yang memiliki core grafis Mali-G76 dan G77.

Ponsel gaming tampaknya semakin populer. Namun, kritik umum terhadap vendor adalah mereka menggunakan chipset yang sama dengan flagships non-gaming. Dengan chip seperti Helio G90 maupun Snapdragon 855 Plus, mereka pada akhirnya akan memiliki lebih banyak pekerjaan daripada peningkatan mode pendinginan dan permainan saja.

Kompetitor MediaTek, Qualcomm dengan Snapdragonnya baru-baru ini juga mengungkapkan varian chip anyar. Tidak benar-benar anyar memang, lantaran chipset tersebut adalah Snapdragon 855 Plus yang merupakan versi over-clock dari Snapdragon 855 biasa. Performanya diklaim meningkatkan GPU 15 persen lebih cepat dari Snapdragon 855 biasa.