Mbois, Isu Obesitas Bikin Santri IIBS Malang Juara di Qatar

Guru Pembimbing Agus Muttaqin SPd foto bersama setibanya di Indonesia, kemarin (13/4).

Prestasi internasional diraih empat santri Tazkia Internasional Islamic Boarding School (IIBS) Malang. Mereka menyabet juara satu dalam lomba debat bahasa Arab di Doha, Qatar, yang diselenggarakan pada 7¬–11 April lalu. Empat santri itu adalah Aftina Zakiya Wafda, Shofiah Ahmad Dzaky, Nuriya Lailatus Sakinah, dan Aqidatul Izza.

Dalam lomba bertajuk 4th International School Arabic Debating Championship itu mereka menjadi juara satu untuk kategori lomba debat bagi penutur asing. Di final, mereka mengalahkan perwakilan dari Pakistan.

”Selain tim juara satu, santri Tazkia IIBS Malang yang sekaligus menjadi perwakilan Indonesia berhasil merebut juara 1, 2, dan 3 dalam kategori pembicara terbaik lomba debat itu,” ucap guru pembimbing sekaligus ketua rombongan, Agung Muttaqin SPd, dalam rilis yang diterima koran ini kemarin (13/4).

Sebelum tampil di partai final, tim ini melewati beberapa putaran. Pada putaran pertama, tim Tazkia IIBS Malang belum berhasil melawan Thailand. Di putaran kedua, mereka menang atas Brasil. Putaran selanjutnya, tim Tazkia IIBS Malang kembali menang melawan Kolombia.

Pada putaran pertama, mereka membawa isu tentang siswa yang terkena obesitas. Para siswa itu lalu tergabung dalam pelatihan musim panas untuk menurunkan obesitas.

”Ada satu pertandingan melawan Brasil lagi, tapi hasilnya tidak diumumkan juri. Hasilnya diumumkan sebelum penutupan yang akhirnya dapat mengantarkan tim Indonesia ke babak final melawan Pakistan,” pungkasnya.

Pewarta: Irham Thoriq
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Galih Cokro/Jawa Pos