Mauritz Pangkey Pimpin Asosiasi PSSI Kota Surabaya Sinergi Jawa Pos

Dalam voting pemilihan ketua, Mauritz mengalahkan Kardi Suwito (Pelabuhan III). Mauritz meraih 21 suara dari 27 klub yang memiliki hak suara. Sedangkan Kardi memdapat enam suara.

Kongres Asosisasi PSSI Kota Surabaya diikuti 27 klub dari 30 klub anggota Asosisasi PSSI Kota Surabaya. Tiga klub yang tidak hadir dalam kongres ini adalah:  Reedo, Assyabaab dan Putra Indomaret, yang menyatakan diri bubar. 

Selain memilih ketua, Kongres Asosiasi PSSI Kota Surabaya ini juga memilih wakil ketua dan lima anggota exco. H Hayadi SH dari klub PS El Faza terpilih menjadi wakil ketua setelah mengalahkan Kardi Suwito dan Dr Harsono.

Sedangkan lima anggota exco yang terpilih adalah HM Saleh Hanifah, Marijono, Hendrik Pieter, Ali Muhammad Smith, dan Noerhadi. Selain memilih ketua, wakil ketua, dan anggota exco kongres ini juga menetapkan dan mengesahkan 12 anggota baru Askot PSSI Kota Surabaya. 



“Langkah pertama yang Saya lakukan adalah rekonsiliasi. Saya akan mengumpulkan seluruh klub, karena dalam beberapa tahun terpisah karena ada perbedaan. Mulai sekarang Asosiasi PSSI Surabaya harus bersatu untuk lebih maju,” kata Mauritz dalam sambutannya terpilih menjadi ketua. 

Ke depan, pihaknya ingin mengembalikan kejayaan Surabaya di tingkat nasional. Kekuatan sepakbola Surabaya diperhitungkan oleh daerah lain. “Untuk ke arah saya, maka program jangka pendek dan menengah harus disinkronkan dulu,” ujarnya.

Sedangkan program jangka menengah, Mauritz ingin mengaktifkan kompetisi yang sempat terhenti. Utamanya, kompetisi junior usia 15 tahun ke bawah sebagai ajang pembinaan. 

“Setelah kompetisi jalan, kita akan membentuk tim U-17 dan U-19. Tim-tim ini akan kita ikutkan ke beberapa turnamen. Kita juga akan mengaktifkan SSB dengan ditangani pelatih yang berlisensi minimal D AFC,” jelasnya.(sam/rak)

Susunan Pengurus Askot PSSI Kota Surabaya 

Ketua Umum : Mauritz Bernhard Pangkey

Wakil Ketua  : H Hayadi SH

Anggota Exco 

1. HM Saleh Hanifah

2. Marijono

3. Hendrik Pieter

4. Alim Mohammad Smith

5. Noerhardi

(sb/sam/jek/JPR)