Mau Buka Usaha Kuliner? Ini Kata Legenda Kuliner Indonesia

Mau Buka Usaha Kuliner? Ini Kata Legenda Kuliner Indonesia

Legenda Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo punya resepnya untuk menjadi unik. Menyajikan resep kuliner zaman sekarang agar terlihat berbeda tentunya memerlukan ide yang tidak biasa atau tak pasaran.

Lihat saja berbagai panganan yang sedang laris manis, misalnya minuman teh, matcha, taro, atau mangga. Atau untuk makanan seperti makanan khas Korea, Jepang, dan Thailand, semuanya dikreasikan dengan ide unik meski menggunakan bahan yang sama.

Sehingga, ungkap Sisca, untuk menyuguhkan menu kekinian sangat gampang. Caranya dengan tetap menyajikan menu aslinya dengan berbagai variasi.

“Banyak tantangan sajian zaman now. Ada sate misalnya, mau jadi zaman now gampang, kasih saja mozarela taruh di atasnya. Sehingga tetap dengan ciri khas Indonesia,” ujar Sisca dalam  peluncuran program ‘Bango Penerus Warisan Kuliner 2018’, Rabu (7/2).

Begitupula jika ingin menyuguhkan bakso dan tongseng. Tinggal menambahkan bahan kekinian yang disukai kaum milenial. “Tinggal kasih keju deh di atasnya. Begitu mudahnya menjadikan masakan menjadi istimewa tetapi tetap Indonesia,” kata Sisca.

Pengembangan usaha kuliner zaman now tersebut mendapat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Bekraf, Abdur Rohim Boy Berawi menjelaskan pihaknya memiliki misi yang kuat untuk menjaring wirausaha kuliner Nusantara di seluruh wilayah Indonesia. Ini diperlukan agar produk, inovasi, model bisnis, dan kreativitas mereka dapat terus meningkat.

“Sehingga memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap perekonomian kreatif di Indonesia,” tutupnya.


(ika/JPC)